WhatsApp Gelontorkan Dana Rp 683 Miliar Untuk Cegah Pengintip, Beneran?

0
364
Copyright©chrackberry

Demi Cegah Pengintip, WhatsApp Gelontorkan Dana Rp 683 Miliar Untuk Pembuat Signal Protocol

Eratekno.com – WhatsApp adalah salah satu aplikasi perpesanan yang saat ini tengah populer dengan jumlah pengguna aktif yang sangat banyak di seluruh penjuru dunia.

Hal tersebut tak mengherankan, pasalnya WhatsApp sendiri memang menghadirkan fitur-fitur yang semakin membuat penggunanya betah menggunakan WhatsApp.

Tak hanya terus berinovasi menghadirkan fitur-fitur baru, belum lama ini salah satu pendiri aplikasi WhatsApp, Brian Acton di kabarkan mengucurkan dana sebesar US$50 juta atau sekitar Rp 683 miliar kepada perusahaan pembuat aplikasi Signal Protocol untuk meningkatkan keamanan layanan.

Dengan uang sebanyak itu dari WhatsApp, perusahaan yang bergerak dalam bidang enkripsi itu bisa memperbaiki kekurangan sumber daya manusia untuk mengembangkan teknologinya. Mereka juga bisa memperkerjakan lebih banyak orang untuk menaikkan kapasitas dan menetapkan ambisi yang lebih tinggi.

Baca juga: Mudah Banget! Ini Dia Cara Menggunakan WhatsApp Web di Android

Enkripsi Sginal di gunakan untuk melindungi pesan dan komunikasi dari para pengintip. Saat ini, Signal yang di gunakan oleh WhatsApp, Facebook Messenger, Skype serta aplkasi yang mereka buat sendiri, Signal Messenger.

“Semakin lama kehidupan kita di dunia online, pelindungan data dan privasi adalah hal penting. Semua orang berhak dilindungi,” ujar Acton, dilansir dari TechTimes, Sabtu 24 Februari 2018.

Setelah kejadian Edward Snowden, melindungi komunikasi prinadi menjadi hal yang paling sering di bicarakan, khususnya di Amerika Serikat.

Hacker Bisa Intip Percakapan di WhatsApp
Copyright©Crafty Tech Blog

Akan tetapi, teknologi enkripsi masih di selimuti kontroversi, FBI dan beberapa agensi lainnya menyatakan bahwa mereka tidak bisa mendukung teknologi tersebut karena harus melacak sejumlah criminal dan teroris melalui pribadi di dunia maya. Sedangkan pihak perusahaan teknolohi menyatakan pesan yang menggunakan teknologi ekskripsi di buat agar hak individu atas privasi dan keamaan bisa terpenuhi.

Baca juga: Update Terbaru, WhatsApp Bakal Tambahkan Tab Deskripsi ke Grup

Salah satunya yang di lakukan Signal Foundation yang membuat komunikasi pribadi menjadi lebih aman dan mudah untuk di akses.

“Kami membuat Signal Foundation sebagai respons atas kebutuhan global. Misi kami untuk menjadi pionir model terbaru dari teknologi nonprofit, yang fokus pada privasi dan perlindungan data kepada semua orang, di manapun,” jelas Acton.

Sementara itu, WhastApp telah merilis fitur baru untuk aplikasinya versi Android dan Windows. Melalui update terbaru ini, WhatsApp saat ini akan menambahkan tab “Add group description” baru dalam grup. Yang artinya, kini WhatsApp grup akan memiliki tab deskripsi yang bisa di isi oleh pengguna.

   Baca juga Waduh, Pesan Terkirim yang Dihapus di WhatsApp Ternyata Bisa Tetap Muncul Lho!