Whatsapp Kamu Bikin Hp Lemot? Begini Cara Mengatasinya

0
1213
Copyright©Istimewa

Cara Mengatasi Whatsapp Agar Tidak Bikin Smartphone Lemot

Eratekno.com – Jika dahulu kita mengandalkan layanan pesan singkat (SMS) untuk memberikan kabar kepada seseorang, namun kini seiring perkembangan zaman banyak dari pengguna gadget yang memanfaatkan aplikasi pesan instant.

Nah salah satu aplikasi pesan instant yang menjadi favorit para pengguna smartphone adalah Whatsapp. aplikasi milik vendor Facebook ini tak hanya memungkinkan pengguna bisa mengirim pesan teks saja, namun juga bisa mengirim berbagai file media juga, seperti foto, video, lagu, hingga dokumen.

Baca juga: Tanpa Blokir Kontak, Begini Cara Mematikan Notifikasi Masuk WhatsApp

Disadari apa tidak, dengan keunggulan fitur yang dimiliki oleh Whatsapp diatas tadi, rupanya hal tersebut bisa membuat kinerja dari smartphone melambat. Namun hal ini sangat wajar dialami, pasalnya kapasitas memori kita berkurang karena banyaknya file yang tersimpan.

Copyright©Istimewa

Nah agar performa smartphone kembali lancar, maka perlu dibersihkan berbagai file di Whatsapp tersebut, lalu melakukan sejumlah pengaturan agar nantinya file tersebut tidak tersimpan otomatis di smartphone. Bagaimana caranya? Yuk simak bersama dibawah ini.

Cara Mengatur Penyimpanan di Whatsapp

  • Langkah petama silahkan buka aplikasi Whatsapp di dalam smartphone
  • Pilih ikon 3 titik yang ada dibagian pojok kanan atas
  • Lalu pilih menu setting
  • Pilih menu Data and Storage
  • Scrool kebawah dan cari menu ‘Media auto-download’. Nah disini ada tiga pilihan yakni mode unduh otomatis menggunakan mobile data, Menggunakan Wifi, atau sedang roaming.
  • Nah pada pengaturan ini, silahkan menghilangkan semua tanda centang yang ada didalamnya
  • Setelah menghilangkan centang tersebut, maka nantinya tak akan ada media yang bakal diunduh secara otomatis dari Whatsapp kamu
  • Selesai

Dengan cara ini, maka bisa menghindarkan Whatsapp mendownload secara otomatis berbagai file media yang dikrimkan pada Whatsapp. Cara ini sangat cocok digunakan untuk kamu yang memiliki grup Whatsapp yang cukup banyak, terlebih olshop yang begitu rajin mengirim produknya.

Mungkin cukup sekian dulu ulasan dari kami tentang Whatsapp kali ini, semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba guys.

Baca juga: Cara Bikin Status Instagram Stories Bisa Muncul di Status Whatsapp!