Whatsapp Kedatangan Fitur ‘Mark as Read’, Apa Fungsinya?

0
2246
Copyright©Daily express

Whatsapp Kedatangan Fitur ‘Mark as Read’, Apa Fungsinya?

Eratekno.com – Beberapa waktu lalu, pihak Whatsapp sedang mempersiapkan fitur baru berupa tombol pintas ‘mark as read’, atau dalam bahasa Indonesia dinamai sebagai tandai pesan yang telah dibaca. Fitur tersebut saat itu sedang dalam pengembangan dengan sejumlah pengguna versi beta di platform android.

Dan saat ini ada kabar baik, dimana shortcut ‘mark as read’ ini kabarnya telah tersebar di lebih banyak pengguna beta lho. Fitur baru ini tersedia untuk aplikasi dalam versi 2.18.232, letaknya berada di opsi notification centre pada aplikasi tersebut.

Baca juga: Pria Ini Masuk Penjara Lantaran Menjadi Admin Grup WhatsApp, Begini Ceritanya!

Saat anda mendapatkan pesan Whatsapp yang muncul secara pop-up,  maka akan muncul sebuah tombol pintasan bertuliskan ‘mark as read’ bersanding dengan tombol ‘replay to’. Apabila pengguna menekan tombol ‘mark as read’, maka nantinya akan secara otomatis pesan ditandai sudah terbaca  (muncul dua centang biru untuk pengirim pesan).

Copyright©WAbetainfo

Notifikasi ini nantinya tidak akan muncul lagi, bahkan jika ada pemberitahuan baru yang akan anda terima. Fitur baru dalam aplikasi Whatsapp ini memang dirancang untuk membuat semua pesan teks tersebut seolah-olah sudah terbaca.

Baca juga: WhatsApp Umumkan Aturan Baru Usai Kasus Pembunuhan

Tentu hal ini akan sangat berguna pada saat banyak sekali pesan yang diterima, dan kita tidak sempat untuk membacanya satu persatu, seperti contohnya pesan dalam sebuah grup whatsapp yang kadang cukup mengganggu.

Sebelum dibuatkan Shortcut, fitur ini sebelumnya sudah dibuat namun letaknya tersembunyi didalam menu. Dengan pembaruan ini, maka akan memudahkan pengguna Whatsapp untuk membuat pesan seolah-olah terbaca hanya cukup dengan satu ketukan saja.

Dikutip dari Android Police, jika fitur ini masih di uji coba pada server-side, yang artinya tidak semua orang bisa mencobanya. Namun dari pantauan saat ini,  pengguna di Indonesia masih belum bisa mencobanya, namun jika anda penasaran maka pastikan aplikasi anda sudah versi terbaru.

Baca juga: Fitur Video Call Group Whatsapp Kini Sudah Bisa Digunakan di Indonesia Lho!