WhatsApp Sedang Uji Coba Fitur Identifikasi Foto Hoax, Seperti Apa?

0
121
Copyright©Teknologi.id

WhatsApp Bakal Hadirkan Fitur Search by Image

Eratekno.comWhatsApp memang menjadi aplikasi pesan instan paling populer dan banyak digunakan hampir setiap pengguna Smartphone saat ini. Pasalnya, aplikasi ini telah dilengkapi dengan sejumlah fitur menarik di dalamnya yang memudahkan pengguna bisa melakukan apa saja, seperti mengirimkan foto atau gambar, video, melakukan panggilan suara atau video bersama-sama dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Gawat, Ada Bug di WhatsApp Bikin Foto Pengguna Terhapus!

Layanan ini sendiri memang selalu berusaha untuk memberikan pengalaman lebih baik bagi pengguna melalui update dan fitur baru yang dihadirkan. Aplikasi yang berada di bawah naungan Facebook tersebut, belakangan ini juga dikabarkan sedang menguji coba fitur baru dalam platform-nya yang berguna untuk mengidentifikasi foto hoax. Seperti apa ya?

Sebagaimana yang diketahui dari laporan WABetaInfo, bahwa fitur yang sedang disiapkan oleh WhatsApp ini bernama ‘Search by Image’. Dimana fitur ini nantinya akan muncul dalam pembaruan WA versi 2.19.73 dan memungkinkan pengguna bisa mengunggah foto yang diterima melalui WhatsApp ke Google untuk mencari foto yang serupa. Jadi, dengan adanya fitur ini, diharapkan pengguna bisa menilai apakah foto tersebut asli atau palsu.

Copyright©Teknologi.id

Kendati demikian, meskipun informasi tentang fitur ini sudah dibocorkan oleh beberapa awak media, namun perlu diketahui bahwa untuk saat ini fitur tersebut belum tersedia untuk publik dan belum ada informasi secara resmi apakah fitur ini nantinya akan diluncurkan ke publik atau tidak. Namun yang pasti, fitur baru ini akan menjadi tambahan penting bagi WhatsApp untuk mencegah penyebaran berita hoax dalam platform.

Layanan ini sendiri sebelumnya juga sempat menghadirkan beberapa fitur untuk memerangi penyebaran berita hoax, seperti membatasi fitur forward dan sebelumnya, WhatsApp juga sudah melakukan perubahan terhadap sistem forward dengan memberikan tanda khusus untuk lebih mudah dikenali. Sejatinya, pembatasan fitur forward pesan maksimal ini sendiri telah tersedia di aplikasi induknya, Facebook yang juga digunakan untuk memerangi kasus penyebaran hoax tersebut agar lebih aman.

Baca Juga : Error? Begini Cara Mudah Atasi Kamera WhatsApp Tidak Bisa Dibuka!