Wihh,, Android R Bakal Bawa Fitur Scrolling Screenshot, Seperti Apa?

0
120
Copyright©9to5Google

Bocoran Tentang Android R, Punya Fitur Scorlling Screenshots Lho !

Eratekno.comSeperti di ketahui Google sudah memperkenalkan kehadiran Android Q dalam acara tahunan Google I/O beberapa waktu yang lalu tapi pihaknya belum mengumumkan tanggal perilisannya.

Meski belum merilis secara resmi sistem operasi Android Q, namun kabar mengenai fitur-fitur yang di sematkan dalam Android R sudah beredar luas. Menurut laporan yang beredar bahwa sistem operasi ini akan membawa fitur cukup menarik, salah satunya adalah Scrolling Screenshots.

Scrolling Screenshots ini sendiri merupakan kemampuan mengambil gambar dari layar sepanjang pengguna melakukan scrolling ke bawah.

Baca juga : Wajib Tahu! Berikut Ini Cara Aktifkan Dark Mode di Google Chrome Android!

Untuk sekarang ini, kemampuan tersbut baru bisa di dapatkan dari aplikasi pihak ketiga atau vendor smartphone yang menambahkan fitur tersebut ke dalam kostumisasi Android. Vendor yang sudah memberikan fitur tersebut adalah Huawei dan Xiaomi.

Nantinya, Scrolling Screenshots ini di rencanakan akan hadir menjadi fitur bawaan dari sistem operasi Android terbaru ini. hal tersebut di umumkan oleh Dave Burke selaku VP Engineering Android di Google.

Copyright©Twitter

“Kami telah menambahkan tangkapan layar yang dapat digulir ke Android R dan mudah-mudahan dapat segera mendarat dirilis,” tulis Dave Burke melalui akun Twitter resminya.

Sementara itu, Android Q sendiri telah tersedia dalam versi beta dan dapat di unduh melalui situs web milik Google. Meski tanggal perilisan pastinya belum bisa di pastikan oleh pihak Google, tapi kabar mengenai Android R memang sudah banyak bermunculan.

Baca juga : Nggak Pakai Ribet! Berikut Ini Cara Mematikan Google Assistant di Smartphone Android!

Di sisi lain, Android Q di ketahui punya fitur Live Captions. Fitur tersebut sendiri mampu menerjemahkan audio dan video secara realtime sehingga ketika kita memutar video Youtube, Instagram atau Facebook akan tampil subtitle.

Selain itu fitur ini juga bisa di gunakan untuk aplikasi percakapan, seperti Google Duo dan Skype bahkan tanpa tersambung ke internet. Kemampuan ini tidak hanya membantu bagi mereka yang terkendala bahasa asing tapi juga untuk mereka yang memiliki keterbasan pada pendengar.

Android Q versi beta ini tak hanya bisa di cicipi oleh smartphone Pixel tapi juga beberapa smartphone Android lain seperti Huawei, Xiaomi, Asus, Oppo, Realme dan masih banyak lagi.

Baca juga : Peduli Tunarungu, Google Hadirkan Aplikasi Live Transcribe Untuk Bantu Berkomunikasi !