Windows Phone Tamat, Pengguna Dapat Pindah ke Android atau iOS!

0
211
Microsoft Matikan Windows Phone
Copyright©ZDNet

Microsoft Hentikan Dukungan Untuk Windows Phone Pada Desember 2019!

Eratekno.com – Pabrikan Microsoft baru saja membuat pengumuman pengejutkan terkait dengan sistem operasi mobile yang dikembangkannya. Ya, sang bendor beberapa waktu lalu telah resmi menyatakan berhenti memberikan dukungan untuk sistem operasi Windows Phone. Hal tersebut diketahui dari halaman dukungan Microsoft yang berisi tentang f.a.q dengan sejumlah pertanyaan terkait platform ini.

Dalam situs resmi Microsoft yang berjudul “Berakhirnya dukungan seluler Windows 10: FAQ” sejumlah pertanyaan dari pengguna pun dijawab. Bahkan terkait berhentinya dukungan untuk platform Windows Phone, Microsoft sendiri merekomendasikan kepada para pengguna untuk segera berpindah pada perangkat dengan platform Android atau iOS.

Baca Juga 3 Smartphone Android Asus Dapat Potongan Harga, Ada yang Rp 700 Ribuan!

Bukan hanya itu saja, dalam laman tersebut juga diinformasikan bahwa Windows Phone tidak akan lagi memperoleh pembarian keamanan dan akan resmi dimatikan pada 10 Desember 2019 mendatang. Walaupun untuk aplikasi pihak ketiga masih terus berlanjut mendukung aplikasi Windows namun Microsoft sudah tidak akan lagi memberikan dukungan untuk platform besutannya itu.

Windows Phone Tamat
Copyright©Microsoft

Sementara itu untuk perangkat dengan platform Windows 10 Mobile versi 1709 akan memperoleh dukungan keamanan terakhir pada 10 Desember 2019 mendatanng. Berbeda dengan perangkat smartphone Lumia 640 dan 640 XL versi 1703 yang hanya akan mampu bertahan sampai 11 Juni 2019 saja.

Pihak Microsoft sendiri menyarankan pengguna yang masih mempunyai dan menggunakan smartphone Windows Phone untuk secara manual membuat cadangand ata sebelum tanggal dukungan untuk perangkat berakhir.Setelah itu maka sistem akan menghapus semua datanya. Untuk melakukan pencadangan, anda dapat menuju menu Pengaturan> Pembaruan &Keamanan > Cadangan > Pilihan Lainnya > Cadangkan sekarang.

Baca Juga Cocok Buat Upgrade, Rekomendasi Smartphone Android Kekinian Terbaru 2019

Terkait dukungan Windows Phone yang dimatikan oleh Microsoft, sang vendor juga mengkonfirmasi terkait asisten suara besutannya yakni Cortana. Sang vendor memposisikannya sebagai pelengkap platform besutannya bukan sebagai pesaing asisten suara lain yakni Amazon Alexa maupun Google Assistant.

Namun di tahun 2019 ini dimana pasar smartphone yang dibanjiri perangkat android, masihkan ada pengguna yang bertahan dengan smartphone Windows Phone? Jika masih ada tentunya anda harus bersiap untuk beralih ke smartphone android maupun iOS sebelum Windows Phone benar-benar dimatikan oleh Microsoft.

Baca Juga 2 Smartphone Android Keren Ini Segera Dijual di Indonesia, Pilih Mana?