Wow, Intel Bakal Luncurkan Laptop dengan Teknologi 5G Tahun Depan

0
413
Intel
copyright©breakingnews

Intel Siap Luncurkan Teknologi 5G ke PC Tahun 2019, Seperti Apa?

Eratekno.com – Teknologi 5G nampaknya sebentar lagi benar-benar akan diwujudkan. Untuk itu Intel dipastikan juga tak ingin ketinggalan menyambut teknologi jaringan super cepat yang siap meluncur dalam waktu dekat ini.

Hal tersebut dibuktikan perusahaan melalui kolaborasi dengan sejumlah perusahaan pembesutan PC kenamaan di dunia. Dalam keterangan yang disampaikan menyebutkan jika Intel telah bekerjasama dengan sejumlah perusahan PC diantaranya Dell, HP, Lenovo da Microsoft untuk membawa teknologi 5G ke PC Windows.

Baca juga : Semakin ‘Mesra’ Dengan Apple, iPhone Kabarnya Bakal Gunakan Chip Intel Tahun Ini

Keinginan tersebut dimungkinkan bakal diwujudkan dengan menggunakan modem 5G Intel XMM seri 8000. Rencananya, PC dengan teknologi 5G ini akan memulai debut pertamanya di pasar pada paruh kedua 2019. Sebagai langkah awal, konsep PC akan mendukung 5G danakan diperknalkan dalam akang Mobile World Congress (MWC) 2018.

Melalui acara pameran yang digelar setiap tahun ini, Intel akan menampilkan kemmapuan purwarupa PC yang telah dibekali denga teknologi 5G. Konsep yang ditampilkan tersebut sekaligus menggambarkan batu loncatan dari PC yang saat ini sudah mendukung jaringan 5G. Pada MCW 2018, perusahaan chipset ini juga akan menghadirkan sejumlah teknologi terbaru buatannya dan salah satu teknologi tersebut yakni pembaruan dari teknologi WiFi dengan hadirnya 802.11ax yang menawarkan efensiensi jaringan.

Intel
copyright©kompastekno

Selain itu perusahaan teknologi ini sepertinya juga akan menampilkan eSIM terbaru. Dikatakan demikian karena sejak bulan September 2017 lalu, solusi modem Intel untuk PC sudah mendukung eSIM dan itu baik kebutuhan konsumen maupun bisnis. Cukup diketahui jika para anggota 3rd Generation Partnershp Project (2GPP) telah memutuskan standart malware baru untuk 5G dan rencanaya standart itu akan mulai diberlakukan awal tahun ini.

Baca juga : Patahkan Dominasi Intel, Samsung Jadi Raja Produsen Chip Dunia

Pintu untuk banyak bihak pun terbuka dengan adanya persetujuan atas spesifikasi Non-Stadlone (NSA) 5G new radio (NR). Dengan demikian mereka pelaku industri dapat mengetahui dengan pasti mengenai apa yang harus mereka lakukan guna memenuhi persyaratan spesifikasi para manufaktur. Spesifikasi itu sendiri berisikan beberapa spesifikasi yang berkaitan 5G yakni salah satunya mengenai spektrum frekuensi rendah 600MHz-700MHz, menengah 3,5 GHz, dan tinggi 50GHz.

Sementara itu setelah standart hardware baru untuk 5G diputuskan, bukan hanya Intel saja, namun sejumlah operator pun dilaporkan juga mulai berlomba untuk menggunaknnya. Salah satu operator tersebut yakni AT&T yang berencana meluncurkan jaringan 5G untuk kebutuhan mobile pada akhir tahun 2018 mendatang. Disebut-sebut nantinya jaringan ini akan tersedia untuk pengguna di 12 kota di Amerika Serikat.

Baca juga : Makin Canggih, Android Message Kini Tambah Fitur Pengganti SMS !