Wow.. Teknologi Pembaca Pikiran Manusia Akan Segera Menjadi Kenyataan, Seperti Apa?

0
436
Teknologi Pikiran Manusia
copyright©sainsbox

Gunakan Musik Sebagai Media, Teknologi Pembaca Pikiran Manusia Akan Segera Hadir

Eratekno.com – Teknologi pembaca pikiran manusia sepetinya akan menjadi kenyataan dalam waktu dekat. Musik dimanfaatkan sebagai salah satu upaya perwujudan teknologi ini dan akan dijadikan media utamanya.

Cukup diketahui jika teknologi ini dikembangkan oleh sejumlah ilmuwan dari beberapa negara mulia dari Brazil, India, Jerman dan juga Finlandia. Disebutkan jika teknologi tersebut diciptakan di D’Or Intitute fot research and Education.

Teknologi pembaca pikiran manusia ini dikembangkan menggunakan teknologui resonasi magnetik ke sejumlah peserta penelelitian. Dijelaskan jika teknologi resonasi magnetik ini akan membaca pikiran manusia ketika mereka mendengarkan musik melalui headset. Nantinya teknologi tersebutakan mengirimkan ‘sinyal pikiran’ dari otak peserta ketika mereka mendengarkan musik tertentu.

Baca juga : iPhone X Tak Luput Dari Masalah, Ratusan Pengguna Keluhkan Tak Bisa Angkat Telepon

Ada sejumah musik yang akan diperdengarkan yakni mulai bergenre klasik, rock, pop, jaz dan masih banyak lainnya. Penelitian sejumlah ilmuwan yang dipubliksikan di jurnal Scientific Repost ini mengklaim teknologi tersebut mampu menyampaikan isi pikiran mausia sekitar 85 persen.

Teknologi Pikiran Manusia
copyright©iStock

‘Pada saat mereka mendengarkan musik tertentu, otak akan bekerja untuk berpikir. Ketika itulah teknologi resonasi magnetik dan akan menangkap apa yang sedang mereka pikirkan’ tulis penelitain itu.

Metode ini sendiri nantinya akan digunakan sebagai cara untuk membaca pikiran manusia di masa depan. Terkait teknologi pembaca pikiran manusia ini juga diungkapkan oleh Sebastian Hoelfe seorang peneliti dari Federal University of Rio de Jenerio, Brazil. Dia menyebut jika musik menjadi instrumen terkuat untuk bisa mentimulasi pikiran seseorang.

Baca juga : Ngeri… Samsung Akan Andalkan Teknologi Autentikasi Dengan Darah

Dia mengatakan jika teknik ini juga dapat digunakan untuk penelitian-penelitian kedepan. Metode ini dapat digunakan untuk melakukan rekontruksi pemikiran, mendengar ataupun mengetahui batin seseorang. Namun ternyata ilmuwan asal Jepang juga telah melakukan hal ini terlebih dulu.

Tim peneliti universitas ternama di Negeri Sakura tersebut telah sukses membuat program server yang mereka namakan BioRxiv (bio-archive). Teknologi itu mengkaitakan bagian jaringan saraf otak untuk menghasilkan struktur diagram gambar. Dalam struktur gambar sistem Bio Rxiv terdapat kemampuan untuk menghasilkan lapisan bentuk dan warna berdasarkan aktivitas otak.

Lebih mudahnya dikatakan jika sistem komputer yang mereka ciptakan itu mampu menghsilkan gambar apa yang ada dalam otak. Guna menciptakan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intellegence-AI), tim mengawalinya dengan mengadaptasi dari mesin scan magnetic Resonance Imaging (MRI).

Baca juga :  Usai MIUI 10, Xiaomi Fokus Teknologi Kecerdasan Buatan (AI)