YouTube Bakal Sertakan Link Wikipedia di Video Demi Perangi Hoax!

0
769
YouTube
[email protected]

Perangi Hoax, YouTube Akan Sertakan Link Wikipedia di Video!

Eratekno.com – YouTube di ketahui saat ini menjadi salah satu layanan video yang cukup di gandrungi masyarakat. Namun seiring popularitasnya, di YouTube banyak beredar pula video tentang topic kontroversial dan teori konspirasi, seperti seputar pendaratan NASA di bulan yang sering di sebut sebagai Hoax.

Ya untuk mencegah misinformasi serta memberikan sudut pandang secara menyeluruh untuk para pemirasa video-video seperti ini, YouTube berencana menyughkan tautan ke artikel ensiklopedia internet Wikipedia yang berkaitan dengan topic video.

Fitur yang di beri nama Information Cues oleh YouTube ini berupa tautan di sertai deskripsi singkat dan gambar thumbnail yang di letakkan persis di bawah tampilan video, seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Baca juga: Keren Abis,, YouTube Live Kini Bisa Pasang Caption Otomatis Lho!

copyright©Youtube

Tautan ke Wikipedia ini rencananya akan mulai di hadirkan di YouTube dalam beberapa bulan ke depan. Platform video sharing itu terutama bakal menghadirkan link di video tentang konspirasi yang memang banyak beredar, seperti soal pendaratan di bulan.

“Saat ada video yang membahas soal konspirasi -kami menggunakan daftar konspirasi yang banyak beredar dari Wikipedia– maka kami akan menyajikan informasi pendamping dari Wikipedia, untuk menunjukkan informasi keseluruhannya,” ujar CEO YouTube, Susan Wojcicki, dirangkum  dari The Verge, Kamis (15/3/2018).

Namun Wojcicki tidak menjelaskan berapa banyak teori-teori konspirasi populer yang sudah di kumpulkan oleh pihak YouTube. Hanya saja, dia mengatakan bahwa jumlahnya bisa di tambah seiring berjalannya waktu.

Baca juga: Makin Keren, YouTube Usung Fitur anyar Serupa Efek Layar Hijau !

Wikipedia sendiri sebenarnya bukan sumberi informasi yang sepenuhnya bisa di andalkan. Hal itu di karenakan bersifat crowsourced dan di tulis oleh sukarelawan serta isinya pun bisa berubah sewaktu-waktu.

Pemakaian Wikipedia sebagai sumber referensi untuk karya akademis pun banyak di larang. Akan tetapi setidaknya ensiklopedia online ini bisa memberikan perspektif yang lebih netral dan menyeluruh jika di bandingkan dengan video teori konspirasi di YouTube yang kerap mengedepankan sensasionalisme.

Sementara itu, belum lama ini Google di ketahui telah menggulirkan fitur unduh video YouTube secara offline untuk 125 negara di seluruh dunia.

     Baca juga Horee,, Google Tambah Dukungan Unduh Video YouTube ke 125 Negara Lho!