Benar Gak Sih 5G Berbahaya Bagi Manusia Dan Lingkungan?

98
Benar Gak Sih 5G Berbahaya Bagi Manusia Dan Lingkungan?
Copyright@goodnewsfromindonesia.com

Dunia telekomunikasi memang mengalami perkembangan yang cukup cepat. Hingga sekarang ini jaringan 5G sudah menjamur di beberapa negara di dunia. Bahkan beberapa smartphone juga mengklaim bahwa menyematkan jaringan 5G.

Seakan sudah bersiap dengan smartphone yang mengusung jaringan 5G, para provider pastinya tidak mau kalah, mereka juga menggunakan jaringan 5G. Tapi untuk provider dengan jaringan 5G hingga saat ini hanya tersedia di negara-negara dengan cakupan internet besar. Bagaimana dengan Indonesia? Di negara kita sendiri, 5G akan dirilis beberapa tahun lagi (kemungkinan tahu 2022).

Benarkah 5G Sangat Berbahaya?

Sayangnya ada isu kurang sedap dengan hadirnya 5G di dunia, karena disebut-sebut memiliki gelombang yang sangat berbahaya bagi manusia dan juga lingkungan. Badan Pemerhati Keanekaragaman Hayati dan Ekosistem di Eropa melakukan penelitian dan juga membahas mengenai bagaimana pengaruhnya radiasi elektromagnetik terhadap lingkungan.

Gelombang milimeter dengan jumlah yang cukup banyak memang dihasilkan oleh 5G. Sedangkan dengan frekuensi 30Hz dan sinar inframerahnya memang tidak berbahaya.

Dari Mana Isu Tersebut Muncul?

Tentunya dalam sebuah isu pasti ada sesuatu yang menjadi penyebab kemunculannya. Seluruh penelitian yang dilakukan, memang menunjukkan adanya bahaya dari radiasi jaringan.

Bahkan penelitian yang dilakukan pada tahun 2010 menyatakan menara jaringan telekomunikasi yang memancarkan sinyal elektromagnetik bisa berpotensi membuat bingung serangga dan juga burung ketika melakukan imigrasi. Jika hal tersebut terjadi, populasi akan menurun akibat menurunnya musim kawin dan bertelur pada hewan tersebut.

Petisi menolak jaringan 5G juga sudah ditandatangani oleh 30.000 orang termasuk ilmuwan, organisasi lingkungan dan juga dokter karena jaringan 5G dinilai membahayakan manusia dan lingkungan.

Ini juga dibuktikan dengan adanya pendapat para ilmuwan jika jaringan diatas 4G dapat meningkatkan paparan radiasi frekuensi radio dengan jumlah yang besar. Dan radiasi frekuensi radio inilah yang memang dapat membahayakan manusia dan juga lingkungan.

BACA JUGA: SMARTPHONE 5G NOKIA 8.3 RESMI DIRILIS, HARGANYA DIBANDEROL SEGINI!