Hapus Tombol ‘View Images’ Dari Hasil Googling, Google Lakukan Demi Selesaikan Masalah?

0
268
Google
[email protected]

Digugat Getty Image, Google Hapus Tombol ‘View Image’ dari Hasil Googling

Eratekno.com – Tombol ‘view image’ tiba-tiba menghilang pada Jumat, 16 Februari 2018 kemarin. Pengguna tak menemukan tombol dari pencarian gambar Google Images. Lalu menagpa tombol ‘view image’ pada Google Images Ini dihilangan begitu saja?

Cukup diketahui jika tombol ini padahal merupakan hal penting yang memungkinkan pengguna Google melihat atau mengunduh gambar. Pengguna dapat melihat maupun mengunduh tanpa harus meninggalakan laman search atau mengunjungi situs tempat gambar dimuat.

Baca juga : Jago Buat Smartphone Kece, Google Loyo Dalam Penjualannya

Maka dari itu dengan dihilangkannya tombol ‘View Images’ ini, maka yang tersisa dalam pencarian gambar Google Images yakni tombol ‘Visit’. Pengguna pun terpaksa harus menekan tombol tersebut dan mengunjungu situs pembuat gambar jika mereka ingin mengambil atau mengunduhnya.

Megenai hal ini juga disampaikan oleh pihak Google dalam sebuah tweet di Twitter. ‘Kami lucurkan sejumlah perubahan di Google Images untuk bantu menghubungkan pengguna dengan situs yang berguna. Ini termasuk menghaus tombol View Image. Tombol Visit tetap ada, jadi pengguna bisa melihat gamar dalam konteks situs yang memuat gambar tersebut’ jelas Google.

Google
[email protected]

Keputusan Google menghapus tombol ‘View Image’ ini pun menuai kontroversi. Terbukti jika sebagain warganet sudah mulai banyak mengeluhkan proses pencarian gambar yang menjadi lebih ribet, apalagi konten disebuah situs wes bisa saja berubah dan tak lagi memuat gambar seperti halnya yang muncul dakam hasil pencarian. Ada apa sebenarnya dengan keputusa Google ini?

Sang raksasa Intrenet dunia ini sepertinya telah meneken perjanjian dengan agen penyedia photo Getty Images. Agen penyedia foto tersebut diketahui tahun 2016 lalu mengajukan gugatan anti-trust atas Goolgle ke Komisis Eropa. Getty Images menilai fitur pencarian (search) sang raksasa internet sering digunakan untuk mencuri dan memakai gambar tanpa izin atau atribusi kepada pemiliknya, termasuk Getty Images.

Dengan kejadian tersebut, Google pun akhirnya bekerjasama dengan Getty serta mengumumkannya pada awal bulan ini. Getty bersedia mencabut gugatan serta melisensi aneka konten miliknya untuk dipakai di produk dan layanan Google Salah satu yang menjadi syarat utama Getty yakni Google harus menghapus timbol ‘View Image’.

Baca juga : Android Nougat Masih Jadi Sistem Operasi Terpopuler Saat Ini

Dalam sebuah pernyataan Google mnyebut jika perubahan-perubahan dalam rangka penyelesaian masalah dengan Getty Image. ‘Memang benar jika perubahan ini dalam rangka penyelesaian dengan Getty Image. Lagkah ini didesain untuk menyeimbangkan antara kebutuan pengguna dengan kekhawatiran pemilik konten dan kami pun menghargai keduanya’ ujar Google.

Berbeda dengan Google, search engine lainnya seperti Bing dan DuckDuckGo masih menyediakan tombol dengan fungsi serupa dengan ‘View Images’ pada layanan pencarian gambar masing-masing. Jika tetap bertahan dengan google, pengguna masih bisa mengeklik kanan preview gambar di Google Image Search. Setelah itu pilih opsi ‘open image in new tab’ untuk membuka gambar di tab terpisah dengan tautan langsung serta ukuran aslinya jika tersedia.

Baca juga :  Google Umumkan “Gmail Go”, Aplikasi Ringan dan Bebas Spam !