Huawei Kenalkan Chip 5G Perdana Untuk Mobile di MWC 2018, Seperti Apa?

0
482
Huawei
Copyright©logoefect

Saingi Intel dan Qualcomm, Huawei Umumkan Chip 5G Perdana untuk Mobile di MWC 2018

Eratekno.com – Seperti di ketahui ajang bergengsi Mobile World Congress (MWC) 2018 kini sedang berlangsung di Barcelona, Spanyol. Tentu saja ajang tahunan yang cukup bergengsi ini di hadiri banyak perusahaan teknologi yang siap memamerkan produk-produk barunya di ajang ini. salah satu perusahaan tersebut adalah Huawei.

Ya Huawei di ketahui tak hanya memamerkan smartphone dan laptop terbarunya, Huawei juga mengumumkan chip 5G pertama buatannya dalam ajang Mobile World Congress (MWC) 2018 di Barcelona, Spanyol. Chip besutan Huawei ini memungkinkan menerapkan jaringan seluler generasi selanjutnya yakni jaringan 5G.

Huawei mengklaim bahwa chip Huawei Balong 5G01 ini merupakan chip pertama yang mendukung standar 3GPP baru untuk jaringan 5G dan akan dapat mengunduh data dengan kecepatan 2,3 Gbps. Sementara itu berdasarkan ukurannya, chip ini akan terpasang di modem hotspot bukan pada ponsel.

Baca juga: Canggih Sekali, Huawei Mate 10 Pro Dapat Kendalikan Mobil

CEO Huawei Richard Yu menyebut bahwa perusahaannya telah menginvestigasi dana USD600 juta (Rp 8,6 triliun) pada teknologi jaringan. Dana investasi ini akan di manfaatkan untuk pengembangan berbagai hal dari mobil nirsopir hingga perangkat mobile dan rumah cerdas.

Huawei juga memproduksi peralatan jaringan dan menyebut akan menjadi perusahaan pertama yang menawarkan solusi 5G end-to-end melalui kemampuan level jaringan, perangkat dajn chipset karya perusahaan asal Tiongkok tersebut.

Chip ini di perkirakan akan menjadi pesaing produsen lain seperti Qualcomm dan Intel. Qualcomm sendiri mengumumkan chip berkecepatan tinggi besutannya yakni Snapdragon X24 pada awal bulan ini. chip itu di laporkan akan membantu konsumen bersiap menyambut 5G hingga jaringan tersebut tersedia.

copyright©droidlime

Baca juga: Terungkap, Ini Dia Spesifikasi Huawei Y3 (2018), Intip Yuk !

Qualcomm juga di laporkan tengah bekerja sama dengan sejumlah operator seluler dan produsen perangkat untuk menyematkan model X50 di perangkat terbaru mereka. Sementera pada tahun 2017 lalu, Intel juga mengumumkan model 5G besutannya untuk perangkat IoT seperti mobil dan drone.

Pada minggu lalu, Intel juga mengumumkan kerjasama dengan Microsoft, Dell, HP dan Lenovo untuk memasangkan model 5G besutannya di laptop terbaru perusahaan-perusahaan teknologi tersebut pada akhir tahun 2019 mendatang.

  Baca juga Huawei MateBook X Pro Resmi Dikenalkan, Hadir dengan Bezel Tipis dan Kamera Unik