Komputer IBM yang Hanya Seukuran Biji Garam Mulai Dipamerkan, Seperti Apa?

0
365
Komputer IBM
[email protected]

Guna Kepentingan Logistik, IBM Pemerkan Komputer Terkecil di Dunia

Eratekno.com – Sebuah komputer yang ukuranya diklaim terkecil di dunia berhasil diciptakan oleh International Business Machines Corporation (IBM). Bahkan saking kecilnya, komputer tersebut berukuran tak lebih dari seukuran biji garam.

Komputer super kecil tersebut diproduksi dengan harga yang murah dan keunggulannya yakni untuk kepentingan logistik. Dengan ukurannya yang kecil, komputer IBM ini dapat disematkan pada berbagai perangkan untuk memverifikasi asal beserta kontennya.

Baca juga :  Cara Mudah Tingkatkan Keamanan Komputer Anda, Termasuk Malware !

Cukup deketahui jika ide ini sepertinya serupa denga teknologi blockvhain yang dapat mencatat seperti halnya ledger atau buku besar untuk perhitungan kas, sehingga dapat dengan mudah mengetahui dari mana asal barang. Dengan hadirnya inovasi tersebut di sistem rantai suplai barang, diharapkan dapat meminimalisir penipuan barang.

Komputer IBM
[email protected]

Komputer IBM yang berukuran super kecil ini bakal dimiliki oleh sejuta transitor yang mempunyai sejumlah kecil RAM, LED dan detektor foto supaya membuatnya dapat berkomunikasi. Perangkat ini pun juga dilengkapi dengan solar panel untuk menampung daya. Dengan dihadirkannya komputer ini diharapakan menjadi solusi untuk keamanan makanan, keaslian komponen barang dan mencegah konsumen terjebak barang-barang palsu.

Sedangkan IBM sendiri bakal mengungkapakan informasi lebih detail mengenai komputer tersebut dalam acara Think 2018 yang akan digelar di Las Vegas, Amerik Serikat (AS). Sekedar informasi, IBM sendiri dikenal dengan berbagai inovasinya di dunia teknologi dan ternyata perusahaan ini juga aktif untuk memberikan kontribusi di bidang pendidikan Indonesia.

Misalnya saja pada fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI). Diketahui jika belum lama ini FEB UI bekerjasama dengan IBM untuk membuka kelas Big data dan komputasi kognitif yang telah dimulai sejak tanggal 14 Februari 2018 kemarin. Kerjasama ini diharapkan dapat menjadi bekal untuk mahasiswa menghadapi tantangan di tengah pertumbuhan teknologi yang diduga akan semakin besar.

Baca juga : Waduh… Disebar Via GitHub, Indonesia Jadi Sasaran Serangan Malware

Sementara itu selain komputer IBM berukuran super kecil, pada tahun ini IBM nampaknya juga akan fokus ke Big Data dan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intellegence-AI). Perusahaan asal Negeri Paman Sam tersebut optimis bakal kian tumbuh pada tahun ini dengan fokus ke berbagai inovasi penting. Hal ini juga diungkapkan langsung oleh Country Manager Global Bussines Partner IBM Indonesia, Novan Adian.

‘Kami bakal fokus ke area big data, kognitif, Artificial Intelligent (AI) dan analisis. Kami akan selalu fokus pada apa yang memberikan suatus solusi pada konsumen’ ujarnya saat ditemui di Universitas Indonesia, Depok, Jawa barat pada Rabu, 7 Maret 2018 lalu.

Baca juga : Bidik Tren Bekerja Mobile, 3 Laptop Baru Dell Resmi Masuk Indonesia, Apa Saja?