Mudah Banget, Ini Nih Tips Belajar Progamming Bersama Google

0
304
Google
copyright©liputan6

Google Adakan Workshop Belajar Mudah Programmig, Seperti Apa?

Eratekno.com – Membayangkan menjadi seorang programming tentu merupakan suatu hal yang sulit. Namun kali ini bagi kalian yang ingin menjadi seorang yang ahli dalam bidang program memogram, dapat mengikuti program khusus yang diselenggarakan oleh Google. Bagaimana caranya?

Cara mengikuti program ini sangat mudah dan ada dua program yang Google selenggarakan di Indonesia. Pertama bertajuk Developer Club (DSC) untuk kalangan mahasiswa dan yang kedua yakni Indonesia Android Kejar untuk peserta umum. Peserta umum sendiri meliputi semuanya, termasuk mereka yang tidak mempunyai latar belakang di bidang teknologi.

Baca juga : Google Siap Rilis Android P Pertengahan Bulan Ini, Berikut Bocoran Fitur Canggihnya

Mengenai program untuk menjadi seorang programmer ini juga diungkapkan oleh Developer Relations Program Manager di Google untuk Asia Tenggra, Erica Hanson. ‘Kami percaya jika teknologi adalah faktor kunci dalam mengubah kehidupan orang-orang dan kami ingin melauka apa yang dapat kami lakukan untuk berkontribusi terhadap Indonesia dengan lebih di dunia digital’ ujarnya.

Pelatihan atau workshop yang akan diadakan oleh DSC tidak hanya untuk mahasiswa, melainkan juga para dosen dan tenaga pelajar. Untuk pola pengajarannya sendiri, peserta DSC natinya tak hanya diajarkan membangun aplikasi saja, namun juga diajak untuk berseinergi dengan masyarakat lokal supaya aplikasi yang dibagunnya dapat menyelesaikan masalah setempat.

Google
copyright©liputan6

Sementara itu untuk mahasiswa yang ikut DSC juga akan mengajarkan softskill dalam pertemua awal. Jika sudah barulah diberikan workshop dan itu diberikan sebelum dilibatkan di proyek eksplorasi untuk beretemu dengan masyarakat guna membangun solusi melalui aplikasi yang dibuat. Untuk kegiatan akhir, akan diadakan acara showcase untuk menunjukan karya peserta.

Baca juga : Mudah Banget, Ini Nih Cara Alternatif Buat Kembalikan ‘View Images’ di Google

Sampai saat ini DSC telah melatih sekitar 800 mahasiswa dari 60 universitas yang berbeda. Namun jika DSC ini diperuntukan untuk kalangan akademis, maka Google juga menyiapkan Indonesia Android Kejar yang diperuntukan untuk kalangan umum secara gratis. Program pelatihan menjadi programmer ini sendiri dilaksanakan secara online maupun offline.

Peserta sendiri juga tidak perlu minder jika tidak punya latar pendidikan di bidang komputer, karena akan ada pembagian kelas dari yang pemula (beginner), menengah (intermediate) dan lanjutan (advanted). Untuk peserta pemula akan diperkenakan dengan sistem Android dan cara membuat aplikasi dengan sistem operasi tersebut. Rencananya, program Indonesia Android Kejar ini akan dilaksanakan kembali pada pertengahan tahun 2018.

Baca juga :  Makin Kekinian, Google Assistant Bakal Kembangkan Fitur AI ?