Scam Berupa Missed Call Marak Terjadi, Jangan Sampai Umbar Nomor Telepon di Internet, Bahaya!

0
242
scam
[email protected]

Scam, Penipuan Berkedok Panggilan Untuk Menyedot Pulsa Korbannya

Eratekno.com – Beberapa waktu terakhir ini warganet di Indonesia secara beramai-ramai mengeluhkan panggilan misterius yang menghubungi nomor mereka. Asal diketahui jika panggilan tersebut merupakan scam (penipuan). Panggilan tersebut berasal dari negera asing yakni Kenya ataupun Kongo.

Orang yang melakukan panggilan alias si penipu akan menelepon nomor-nomor secara acak. Kemudian apabila korbannya terjebak dan melakukan panggilan balik, maka pulsa akan tersedot. Teknik itu sendiri dinamakan Call-Back-Scam.

Baca juga : Ssttt… Pengen Memata-matai Teman atau Pacar di WhatsApp, Lewat Aplikasi Ini Saja!

Si penipu sendiri akan terus-menerus menelepon korban dan kasus ini pun tak hanya terjadi di Indonesia, namun juga pernah terjangkit di Australia. Lantas dari maa para penipu mendapatkan nomor korbannnya?

Jawabannya yakni bisa saja seseorang yang ceroboh menuliskan nomornya di Internet. Mengenai hal ini juga disampaikan oleh pakar digital forensik, Ruby Alamsyah. Dia memberitahukan bagaiamana kurangnya kesadaran seseorang dalam menuliskan informasi telepon di internet dapat membahayakan orang lain.

scam
[email protected]

Ruby menyebut tindakan scam terjadi karena kesalahan seseorang itu sendiri dan bukanlah kesalahan operator. ‘Oknum penipu ini melakukannya dengan cara teroganisir dengan mengambil nomor korbannya melalui Internet. Terdapat software juga dan penipu dapan dengan mudah mengalisis nomor tersebut’ ujarnya.

Sang penipu dapat dengan mudah menganalisis nomor setelah ada seseorang yang menuliskan nomor teleponnya di situs jual beli atau platform lainnya di Internet. Merekapun kemudian mengubah sedikit demi sedikit nomor danakibatnya meski yang menulis nomor ponsel di internet hanya satu orang, namun jumlah korban akan berlipat ganda.

Baca juga : Kurang Puas dengan Hasil Jepretan, Begini Cara Mudah Maksimalkan Kamera Canggih Samsung Galaxy S9

Selain itu pelaku juga memakai software untuk melakukan scam meski sampai saat ini belum diketahui dengan pasti. maka dari itu untuk sekarang da baiknya mengingatkan orang-orang terdekat suapaya jangan asal-aslan mencantumkan nomor ponsel di Internet, karena dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.

Menurut Ruby, terkiat dengan scam ini seharusnya pihak pemerintah melakukan sosialisasi. Hal itu dikarenakan, tidak mungkin melakukan pemblokiran ke nomor-nomor telepon dari negera si penipu dan itu dinilai tidak produktif. Sosialisasi akan menjadi jalan paling ampuh sebelum banyak korba berjatuhan secara masif dari berbagai daerah di Indonesia.

Baca juga : Wajib Tau! Ini Dia 3 Cara Mainkan Gim PUBG Mobile dengan Lebih Menyenangkan