Widih Keren, Tiongkok Berencana Bangun Stadion eSports Besar Lho, Seperti Apa?

0
255
eSports
[email protected]

Banyak Turnamen Gim, Tiongkok Berencana Membangun Stadion Khusus untuk eSports

Eratekno.com – Pada akhir tahun 2017 lalu, beredar kabar jika pemerintah Tiongkok akan membangun stadion khusus eSports di negaranya. Stadion tersebut akan dibangun di tepi Sungai Yangtze di Kota Chongging, Tiongkok Barat.

Tidak seperti stadion pada umumnya yang biasanya untuk memberikan fasilias para atlet olahraga mulai dari pebaseket, sepak bola dan lain sebainya. Stadion yang diarsiteki oleh arsitektur asal Hong Kong, Barrie ini bakal digunakan untuk kegiatan ‘pertandingan game, baik secara lokal maupun internasional.

Baca juga : Dapat Untung Dari Bitcoin, Nvidia Tetap Akan Fokus Pada Game Sebagai Pasar Utama

Stadion eSports ini nantinya akan mampu menampung krang lebih 7.000 orang. Selain itu dengan digunakannya dinding layar LED, memungkinan seluruh bangunan stadion berubah menjadi layar video dan itu dikhsuskan untuk pengunjung yang berada di luar gedung.

Dikatakan oleh Ho jika desain arsitektur bangunan gedung terinspirasi dari simbol ying-yang. Simbol ini memperlihatkan bagian ‘sayap’ yang membentang dari kedua sisi dan mampu menampung sekitar 13.000 orang sekaligus. Rencana dibangunnya stadion ini sendiri tak lain karena perkembangan industri eSports yang melonjak.

eSports
[email protected]

Perkembangan industri pertandingan game ini sendiri memang diprediksi sejak lama akan meningkat setiap tahunnya. Bahkan ada kemungkinan kategori eSports akan tampil dalam cabang olahraga resmi yang akan dipertandingkan di Olympiade di Tokyo pada tahun 2020 mendatang. Hal ini juga dikatakan oleh salah satu perusahaan analis pasar, Newzoo.

Perusahaan tersebut menyatakan jika tidak menutup kemungkinan pada tahun depan akan ada lebih dari 420 juta orang menonton turnamen eSports. Dikatakan demikian mengingat ada sekitara 46 juta orang menonton kompetisi Intel Extreme masters yang digelar di Katowacie, Polandia. ‘Jumlah yang menonton kompetisi eSports online lebih tinggi dibandingkan dengan jumlah orang yang menonton pertandingan NBA’ ujar Ho saat ditemui Sabtu, 24 Februari 2018.

Semenatra itu, pembangunan stadion eSports sendiri telah dirancang tahun lalu. Perancangan yang dimulai pada bulan Mei 2017 diketahui berjalan dengan lancar dan stadion ini juga sempat mengadakan uji coba turnamen pertamanya pada Desember 2017. Jika dilihat, saat ini pekerja stadion tengah memasuki tahap kedua pembangunan yang mencakup menara hotel mewah dengan luas 64.000 kaki persegi serta pusat inkubator gim seluas 80.000 kaki persegi.

Baca juga : Dapat Pembaruan, Ini Dia Jadwal Rilis Game Shaq Fu : A Legend Reborn

Cukup diketahui , sebanyak 600 juta gamer di Tiongkok menyumbang sekitar seperempat pasar video gim dengan jumlah total 101 milair dollar Amerika Serikat (AS). Namun selain di Tiongkok, sejumlah stadion sering digunakan sebagai lokasi penyelenggaraan olahraga elektonik ini. Seperti tahun 2014 lau, ada lebih dari 45.00 penggemar gim League of Legends memadati Seoul World Cup Stadium guna menyaksikan pertandingan final Legue of Legends.

Sebelum di Tiongkok, perusahaan gim ternama di dunia lainya yakni Blizzard Entertaiment telah terlebih dahulu membuka arena eSports di Taipe dan Los Angles. Berbeda dengan lainnya, Stadion Zhongxian tersebut memiliki luas 60.000 kaki persegi dan tempat tersebut menajdi stadion pertama yang sepenuhnya didedikasikan untuk turnamen gim profesonal

Baca juga : e-Card Jenius, Jadi Cara Mudah dan Hemat Dapatkan Skin serta Aksesori Game Online