Wow Ngeri, Berikut Daftar Industri yag Rentan Terkena Serangan Siber

0
658
siber
copyright©Murdockcruz

Daftar Industri yang Kerap Terserang Penjahat Siber, Apa Saja?

Eratekno.com – Sekarang ini bukan hanya industri perbankan yang memakai teknologi digital untuk menjaga bisnis mereka. Sejumlah industri lain ternyata juga ikut memakai teknologi digital untuk memudahkan usaha mereka.

Namun banyaknya penggunaan teknologi digital, seranagan siber pun juga semakin gencar. Bahkan serangannya juga tak eksklusif menyerang satu industri saja. Serangan-serangan ini tidak selalu dilakukan oleh sebuah negara, namun bisa dilauka oknum-oknum negara yang menyalahgunakan teknologi demi keuntungan pribadi.

Baca juga : Bikin Korbannya Panas Dingin, Ini Dia 4 Jenis Malware Berbahaya

Cukup diketahui pada umumnya terdapat tiga jenis serangan siber yang korbannya tak lain adalah pelaku industri. Serangan pertama yakni memakai botserangan ini dilakukan dengan tujuan mencuri kredinsial supaya mendapatkan akses ke dalam sistem pribadi seseorang.

siber
copyright©beritamedan

Kemudian yang kedua yakni serangan DDoS, serangan siber ini dapat menembus dan melumpuhkan sistem sebuah situs. Selanjutnya yang ketiga yakni seperti halnya serangan aplikasi web (web application) yang kerap mencari situs-situs internet yang pengamanannya lemah untuk mencuri data atau mengotak-atik sistem.

Berikut ini daftar industri yang kerap mendapat serangan siber :

1. Industri Perhotelan
Cukup diketahui jika Korban tertinggi dari serangan bot ialah industri hospitality atau perhotelan dan pariwisata. Pada sebuah penelitian dari Akamai menemukan 82 persen dari percobaan masuk ke sistem industri perhotelan berasal dari botnet berbahaya. Tujuan para pelaku menyerang dengan percobaan masuk botnet yakni untuk mencuri kredensial, atau mencuri akses ke dalam sistem yang kemudian disalahgunakan untuk mendapatkan keuntungan pribadi.

Baca juga : Jangan Takut! Browser Opera Sudah Hadirkan Pelindung Malware Penambang Bitcoin

2. Industri Permainan dan Keuangan
Pastinya banyak yang mengira jika industri keuangan adalah yang paling sering diserang DDoS. Pada kenyataannya, justru industri permainan yang belakangan ini sering dipusingkan oleh DDoS. Setelah industri permainan, barulah industri keuangan yang sering dijadikan sasaran oleh serangan DDoS.

3. Industri Aplikasi Web
Korban-korban serangan aplikasi web mayoritas menimpa industri retail, diikuti oleh industri media dan hiburan, serta industri teknologi tinggi. Industri pelayanan keuangan, perhotelan, dan wisata, bahkan sektor publik juga rentan pada serangan siber pada aplikasi web. dengaa demikian tentu perlu bagi pemerintah untuk memperkuat keamanan situs-situs pemerintah demi melindungi data publik.

Baca juga : Pengen Coba, Ini Nih Pose Spontan Terencana ‘Plandid’ yang Jadi Tren di Instagram