Wuih Canggih, SIM Card Ini Bakal Ditanam ke Dalam Prosesor !

0
309
[email protected]

Tak Hanya Baterai, SIM Card Ini Bakal Ditanam ke dalam Prosesor ?

Eratekno.com – Sebuah Perusahaan penyedia chip yang memiliki rencana untuk mengintegrasikan dua komponen utama dalam sebuah gadget, yakni kartu SIM dan prosesor yang menjadi satu.

ARM, merupakan perusahaan yang berasal dari Inggris yang bergerak di bidang teknologi microposesor, dimana yang kini sedang menggarap sebuah chip untuk dikembangkan bernama iSIM, yakni sebuah karti SIM yang dibenamkan ke dalam prosesor.

Baca Juga : Meski Ukuran Mini, Powerbank Ini Miliki Fitur Isi Daya Smartphone Supercepat !

ARM yang mengklaim jika iSIM tersebut dapat menghemat banyak ruang dalam sebuah perangkat, sebab SIM yang berukuran nano memiliki ukuran sekitar 12,3 mm x 8,8 mm, ditambah dengan tempat untuk menampungnya, tentu akan menjadi lebih luas lagi.

[email protected]

Penghematan ruang tersebut yang bakal berujung pada pemabgkasan biaya produksi, merupakan tujuan utama dari perusahaan ARM untuk pengembangan iSIM. Bukan itu saja, desain chip tersebut yang diharapkan bisa masuk ke dalam berbagai perangkat dengan basis Internet of Things (IoT), mengingat saat ini tren yang sedang marak dari tahun ke tahun.

Baca Juga : Samsung Bakal Pasang Layar Bingkai Tipis ke Smartphone Kelas Menengahnya Lho, Seperti…

Oleh sebab itu, dari awal ARM yang bakal menarget untuk perangkat berbasis IoT misalnya sensor nirkabel yang membtuhkan layanan seluler yang berfungsi untuk melaporkan hasil temuannya. “Kami sudah mengirim desain dari iSIM kepada pihak-pihak yang bekerja sama dengan kami. Harapannya, chip tersebut sudah dapat tersedia pada akhir tahun ini,” ungkap perwakilan dari ARM, seperti detikINET kutip dari The Verge, Kamis (22/2/2018).

Hal yang menjadi tantangan tersendiri bagi ARM ke depan ialah adanya dari para operator yang mampu mengadaptasi teknologi anyar mereka ke dalam perangkat besutannya. Ditambah, saat ini sudah hadirnya alternatif lain yang ditawarkan dari model Nano SIM yakni eSIM (electronic SIM atau embedded SIM), dengan mengedepankan ukuran yang lebih kecil dari pendahulunya, yakni berukuran 6 mm x 5 mm.

Tak hanya lebih kecil dari segi ukuran, namun eSIM yang dapat digunakan untuk berganti operator ketika sedang bepergian ke luar negeri tanpa perlu kerepotan untuk memasukkan SIM card baru.

Baca Juga : Cari Kamera Canggih ? Ini Dia Jejeran Smartphone Fitur Keren Untuk Fotografi 2018 !