Patahkan Dominasi Intel, Samsung Jadi Raja Produsen Chip Dunia

0
613
Samsung
[email protected]

Salip Intel, Samsung Jadi Produsen Chip Terbesar di Dunia

Eratekno.com – Kita bersama mengetahui jika selama 25 tahun terakhir, Intel telah mendominasi pasar pemasok chip. Baru-baru ini justru kabar mengejutkan datang yakni perusahaan asal Amerika Serikat (AS) itu harus kehilangan mahkotanya dan mahkota itu jatuh ke tangan Samsung.

Dari laporan yang ada disebutkan jika Samsung Elektronics telah melampaui atau menyalip Intel menjadi pembuat chip terbesar di dunia pada tahun 2017. Hal tersebut diketahui setelah kedua perusahaan elektronik itu mengumumkan pendapatanya di tahun 2017.

Intel melaporkan pendapatan tahunannya menacapi 62,8 miliar dollar AS. Jumlah tersebut nampak dilampaui oleh Samsung Elektronics yang menyebut jika pendapatan tahunan mereka lebih besar yakni 69,1 miliar dollar AS dan jumlah itu bukan disokong oleh penjualan perangkat mobile, melainkan berasa dari divisi chip-nya.

Baca juga : Predikat ‘Perusak Harga Pasar’ Akan Hilang Jika Melihat Harga Harga Xiaomi Mi 7

Namun ada yang menyebut jika ini bukanlah pertandingan yang adil, mengingat Intel hanya fokus membuat prosesor X86 dan Samsung juga memproduksi chip buatan Intel, memori serta flash storage. Di pasar sendiri X86, Intel tetap menjamin menjadi pemimpin dan belum bisa digeser.

Samsung
[email protected]

Disebutkan jika chip buatan Intel masih digunakan disekitra 90 persen komputer di dunia, namun tidak untuk perangakat mobile. Sedangkan Samsung, selain meproduksi chip prosesor, parbikan asal Korea Selatan ini juga membuat chip lain seperti DRAM, NAND flash, dan chip yang dirancang khusus untuk elektronik dan mengggunakan kecerdasan buatan (AI).

Bahkan saat ini Samsung juga tengah berusaha mengembangkan bisnisnya dibidang. Bisnis lain yang sedang berusaha dikembangkan tersebut mulai dari layanan cloud, kecerdasan buatan (AI), dan teknologi otomotif. Perusaha kenamaan Negeri Gingseng itupun juga mengkonfirmasi jika mereka turut membuat perangkat keras yang dirancang untuk menambang atau uang digital (cryptocurrency).

Baca juga : Segera Bergulir, Samsung Experience 9 Bakal Manjakan Pengguna Dengan Beragam Fitur Baru

Bukan hanya itu saja, raksasa teknologi terbesar di dunia itu juga jadi pencipta inovasi. Banyak inovasi yang menghiasi produk-produk smartphone miliknya salah satunya layar ponsel yang dapat dilipat. Perushaa sendiri menyatakan jika mereka akan terus mengembangkan layanan cedas buatanya dengan fokus pada asisten pitar Bixby serta teknologi 5G kedepannya.

Sementara itu mereka juga memproduksi chipset buatan sendiri, di antaranya adalah lini produk Exynos. Strategi tersebut ditambah kecepatan Samsung merespons kondisi industri, telah mengantarnya menjadi raja di bisnis semikonduktor. Intel sendiri telah menjadi raja di dalam bisnis semikonduktor selama 24 tahun belakangan, namun perusahaa ini justru gagal menciptakan chipset mobile yang sukses, hingga gagal memanfaatkan momentum pertumbuhan pasar smartphone, tablet, dan wearable.

Baca juga : Duolingo, Aplikasi Belajar Bahasa Korea Secara Gratis