Biar Nggak Gaptek, Intip 5 Cara Mudah Menggunakan Headset Kesayanganmu!

0
156
Sumber : Daily.octago.com

Eratekno.com – Mendengarkan musik ketika beraktivitas memang menjadi salah satu hobi banyak orang. Apalagi jika kamu mendengarkannya dengan menggunakan headset bluetooth yang saat ini lagi hits. Sehingga jika memakainya kamu akan merasa semakin keren dan kekinian banget, deh! Karena selain akan memudahkanmu dalam beraktivitas sambil mendengarkan musik, headset bluetooth juga bisa kamu gunakan tanpa kabel. Selain itu jangkauan konektivitasnya pun bisa mencapai 10 atau 20 meter. Jadi, kamu bisa memutar lagu yang diinginkan dengan jarak jauh.

Untuk itu, tidak heran jika saat ini banyak sekali brand ternama menawarkan headset bluetooth dengan kualitas canggih dan mumpuni. Mulai dari brand Samsung headset bluetooth, iPhone bluetooth headset, Xiaomi dan lainnya. Akan tetapi, apa gunanya beberapa merk headset bluetooth tersebut jika kamu tidak bisa menggunakannya? Nah, biar kamu nggak dianggap gaptek atau kurang gaul, ikuti terus yuk 5 cara menggunakan headset bluetooth berikut ini.

  1. Aktifkan Headset Bluetooth
Sumber: idntimes.com

Sebelum kamu ingin memulai menggunakan headset bluetooth di ponsel pintarmu, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mengaktifkan headset bluetooth milikmu. Caranya gampang banget! Kamu hanya perlu menekan tombol Power atau On yang ada pada headset-nya. Kemudian, jika terdapat lampu LED yang berkedip di bagian sisinya, itu berarti headset bluetooth telah aktif. Biasanya terdapat lampu indikator yang menyala ketika headset akan di charger atau telah diaktifkan.

  1. Aturlah Headset Bluetooth dalam Mode Pairing
Sumber: afo.com

Lalu langkah selanjutnya yang harus dilakukan untuk smartphone yang belum pernah terhubung ke smartphone yang lain adalah kamu bisa tekan dan tahan tombol Power atau ON selama beberapa detik saja sampai lampu LED dengan berwarna biru atau merah berkedip. Umumnya beberapa tipe dan merk headset bluetooth ketika dalam mode pairing akan muncul warna merah atau biru, namun tergantung dari merk yang sedang digunakan saat ini.

  1. Aktifkan fitur bluetooth pada smartphone
Sumber: Google Indonesia

Ketika mode pairing headset bluetooth sudah berhasil diaktifkan, maka setelah itu kamu harus menyalakan atau mengaktifkan fitur bluetooth yang ada pada smartphone. Untuk menyalakannya kamu hanya perlu ke menu settings yang ada di ponsel milikmu. Dan jika kamu ingin menghubungkannya ke laptop, kamu bisa menekan tombol bluetooth di keyboard, tombol pintasan atau di samping laptop. Sebenarnya tidak semua laptop sudah dilengkapi dengan fitur bluetooth. Jadi, sebaiknya kamu periksa terlebih dahulu apakah laptop milikmu sudah memiliki fitur bluetooth atau tidak.

  1. Pindai perangkat headset bluetooth milikmu
Sumber: dafunda.com

Langkah keempat yang harus kamu lakukan adalah dengan melakukan pemindaian fitur bluetooth yang telah diaktifkan pada smartphone atau laptop yang akan dihubungkan. Hal ini bertujuan agar headset bluetooth dapat terdeteksi atau tidak selama proses pemindaian dilakukan. Tunggulah selama beberapa detik sampai prosesnya berhasil terdeteksi. Jika memang belum terdeteksi, maka kamu harus mengulangi proses pemindaian pada smartphone yang dilakukan secara manual.

Caranya, matikan headset bluetooth yang belum terdeteksi lalu kamu bisa menyalakan kembali. Atau kamu bisa mematikan headset bluetooth dan fitur bluetooth yang akan dihubungkan. Selanjutnya ulangi kembali langkah pertama sampai langkah ketiga.

  1. Hubungkan atau koneksikan headset bluetooth dengan smartphone
Sumber: aftershokz.com

Jika headset bluetooth sudah berhasil terdeteksi oleh smartphone, langsung koneksikan saja kedua smartphone dengan tombol Connect. Umumnya dalam proses pemindaian kamu akan diminta untuk memasukan PIN. Maka isilah PIN tersebut dengan tekan angka 0000. Setelah itu, kamu akan menerima pesan yang berisi bahwa headset bluetooth milikmu telah berhasil terkoneksi dan siap digunakan di smartphone kesayanganmu. Oh iya, headset bluetooth ini juga bisa kamu gunakan sebagai pengganti headset iPhone 7 juga, lho. Jadi untuk pengguna iPhone nggak perlu bingung lagi kalau mau menggunakannya, ya!

Gimana, caranya gampang banget kan? Sebagai informasi tambahan, jika kamu ingin menggunakan headset bluetooth dengan merk yang berbeda, cara menggunakannya tetap sama bahkan untuk nomor PIN pun sama. Kamu cukup mengikuti tutorial di atas maka headset bluetooth milikmu sudah bisa digunakan. Selamat mencoba, ya!