Bila Ponsel Terlanjur Basah Kehujanan, Ini Yang Perlu Diperhatikan !

0
451
bila-ponsel basah
[email protected]

Cara Atasi Ponsel Yang Terlanjur Basah Kehujanan,  !

Eratekno.comSmartphone merupakan benda penting yang hampir setiap saat digenggam. Oleh sebab itu penragkat yang sering dibawa bepergian, kadang pengguna yang membawa saat sedang perjalanan, juga ketika hujan.

Beberapa tips paling aman untum mencegah ponsel basah yakni dengan cara memasukkan ke dalam tas atau bisa juga kantung plastik.

Baca Juga : Begini Cara Kirim Pesan WhatsApp Secara Terjadwal !

Namun, terkadang hujan yang datang secara tiba-tiba yang membuat ponsel terlanjut basah kehujanan, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan.

[email protected]

Segera Keringkan Ponsel

Apabila ponsel terlanjut basah, segera keluarkan atau hilangkan seluruh air yang menempel dibodi ponsel. Bisa juga dengan melepas casing dan baterai

kemudian keringkan bagian dalam ponsel dengan lap kain kering atau tisu. Namun jangan menggunakan hairdryer justru hal tersebut dapat merusak komponen smartphone.

Jangan Hidupkan Ponsel

Apabila ponsel sudah basah kuyup, lebih baik jangan menyalakannya. Smartphone dalam keadaan basah, sangat berbahaya bagi handser bila dinyalakan sebab dapat terjadi konslet yang mengakibatkan kerusakan pada komponen smartphone.

Baca Juga : Sstt, Ini Nih 5 Cara Tingkatkan Jumlah Battle Point (BP) Mobile Legends Dengan Cepat

Lepas Baterai

Setelah ponsel dimatikan, segera cabut bateri ponsel. Sebab dengan melepas bateri pada ponsel selain membuat lebih aman, sebab semua aliran kelistrikan dihentikan, tentu hal tersebut tidak membuat konslet.

Manfaatkan Beras atau Gel Silica

Apabila pengguna tidak memiliki gel silica yang berfungsi untuk menyerap air, pengguna dapat mencoba alternatif lain dengan memanfaatkan beras.

Dengan cara masukkan handset yang basah ke dalam toples atau plastik, lalu isi dengan beras sampai penuh. Dan diamkan selama minimal satu hari.

Jemur Ponsel

Menjemur ponsel yang terkena air yang sebelumnya sudah dibongkar selama beberapa jam, hal tersebut bertujuan supaya air yang berada di dalam ponsel dapat kering dan menguap.

Namun jangan menjemur ponsel dalam keadaan casing masih belum dilepas, sebab hal tersebut dapat merusak LCD ponsel. Selain itu air yang berada di dalam ponsel juga tidak lekas kering, justru dapat mengakitkan mengembun didalam.

Baca Juga : Cara Menambah RAM di Android Agar Makin Ngebut !