Bukan di Galaxy Note 9 dan Galaxy S9, Akankah Samsung Hadirkan Pemindai Sidik Jari di Layar Galaxy S10?

0
332
Samsung
[email protected]

Samsung Akan Gunakan Sensor Sidik Jari di Layar di Samsung Galaxy S10, Benarkah?

Eratekno.com – OEM mulai memikirkan bagaimana cara alternatif untuk menghilangkan penempatan panel pemindai sidik jari di tombol fisik Home. Itu dilakukan sejak munculnya trend samrtphone desain bazel tipis.

Cukup diketahui jika ada dual artenatif cara menempatkan pemindai sidik jari yakni di tombol fisik didekat volume dan panel sidik jari khusus yang ditempatkan di belakang layar. Selain itu kini ada yang baru yakni datangnya pengembangan teknologi pemindai sidik jari di bawah layar speertia yang sudah dilakukan oleh Vivo di smartphone terarunya yakni Vivo V20 Plus UD.

Baca juga : Kurang 10 Hari Lagi Dirilis, Beredar Bocoran Fitur Baru Samsung Galaxy S9

Munculnya inovasi ini tentu membuat vendor smartphone lainnya geregetan, salah satunya Samsung. Sebagai salah satu vendor smartphone terbesar di dunia, sepertinya juga akan ikut menggarap smartphone baru dengan fitur pemindai sidik jari di bawah layar. Rumor berhembus fitur tersebut akan disematkan pada Samsung Galaxy Note 9 dan Galaxy S9.

Namun ternyata rumor itu salah besar, kerena pemindai sidik jari di layar tak akan disematkan dalam dua smartphone Samsung tersebut. Perusahaan asal Korea Selatan itu diperkirakan tak akan siap memproduksi dalam jumlah massal produknya dengan dibekali fitur pemindai sidik jari dibawah layar.

Samsung
[email protected]

http://eratekno.com/tag/samsung/

Salah satu alasan tersebut yakni tingkat kesulitan dalam pembuatan komponen layar yang memiliki teknologi tinggi ini. Media lokal Korea Selatan menyebut jika Samsung mungkin akan menghadirkan fitur tetap di bagian belakang perangkat Samsung Galaxy Note 9 dan Galaxy S9 nantinya.

Dikatakan jika perusahan teknologi asal Negeri Gingseng tersebut saat ini tengah mejalin kerjasama dengan berbagai pemasok termasuk Synaptics untuk memperkenalakan pemindai sidik jari di layar. Namun sayangnya persiapan produksinya paling cepat diperkirakan dapat terealisasi pada tahun 2019 atau bisa dikatakan ketika pesiapan peluncuran Samsung Galaxy S10.

Baca juga : Konsumen Bakal Kecewa, Samsung Galaxy Note 9 Urungkan Penggunaan Sensor Pemindai Sidik Jari di Layar

Selain itu upaya Samsung dilapangan juga harus berhadapan dengan desain Infinity Display yang melengkung pada tepinya. Tantangan ini tentunya bisa dikatakan menjadi sangat sulit bagi perushaan. Cukup dikatahui selain Indiniti Dispaly, perusahaan juga beruapaya menghadirkan pembaca optik yang rencananya akan dipakai.

Jika optik jenis ini dipakai di bawah layar, maka nantinya dikahawatirkan akan menjadi masalah serius dengan transparansi layar OLED dan juga mempengaruhi daya tahannya. Namun hingga kini teknologi tersebut belum dapat dikomesialkan dan kemungkinan baru akan terwujud tahun depan.

Baca juga : Dibanderol Rp 10 Jutaan, Ini Dia Samsung Galaxy C10 yang Bakal Mengusung Layar 2K