Cara Deteksi Gempa Bumi Dengan Smartphone!

0
557
Copyright©progress news

Deteksi Gempa Bumi Menggunakan Smartphone Dengan Mudah

Eratekno.com – Indonesia sedang berduka, dimana saudara kita yang berada di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat telah tertimpa bencana Gempa Bumi yang menyebabkan banyak bangunan rubuh dan korban jiwa karena tertimpa reruntuhan bangunan.

Seperti yang kita ketahui, jika untuk alat pendeteksi terjadinya gempa ini hanya dimiliki oleh pihak BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) saja. Namun siapa yang menyangka jika smartphone kita juga bisa juga jadi alat pendeteksi gempa sederhana.

Baca juga: 5 Fitur Penting harus Kamu Perhatikan Saat Beli Smartphone Kekinian !

Meskipun tidak seperti alat milik BMKG yang memang diciptakan khusus untuk mendeteksi gempa, tapi setidaknya dengan Cara Sederhana Deteksi Gempa Bumi Dengan Smartphone kali ini sedikit bisa menghapus rasa khawatir kalian nantinya.

Copyright©progress news

Sebelum kita mulai, sedikit kita berikan penjelasan terlebih dahulu. Dimana setiap smartphone baik itu berbasis Android maupun iOS memiliki basic seismometer didalamnya, dimana hal ini bisa mendeteksi berbagai aktifitas yang ada kaitannya dengan gempa.

Hal ini bisa bekerja jika smartphone kalian sudah didukung dengan sensor Accelerometer dan juga Gyroscope didalamnya, dimana kedua sensor ini bisa merubah smartphone menjadi alat seismograf sederhana yang bisa mendeteksi apabila terjadi sebuah gempa bumi disekitar kalian.

Baca juga: Wajib Baca, Tips Ampuh Lindungi Smartphone Kamu dari tangan Jahil !

Dengan memanfaatkan sensor dalam smartphone yang dipadukan dengan DeviceOrienation serta DeviceMotion pada HTML5 di browser, maka kalian bisa mendeteksi setiap getaran yang terjadi disekitar kalian. Berikut caranya:

  • Silahkan buka aplikasi browser pada smartphone kamu, salah satunya bisa menggunakan aplikasi Google Chrome
  • Selanjutnya silahkan copy dan paste situs berikut ini http://ctrlq.org/earthquakes/seismograph.html pada browser kalian tadi
  • Copyright©jalantikus
  • Setelah halaman itu terbuka, maka silahkan letakkan ponsel kalian di tempat yang datar saat merasa terjadi guncangan, seperti di meja maupun di lantai. Jika dalam kondisi normal maka grafik seismograf akan berjalan biasa, namun jika ada gempa atau guncangan maka grafik akan naik turun dengan begitu kencang sesuai denga getaran yang terjadi.

Jadi dengan begini, apabila merasakan jika ruangan yang disekitar kamu mulai bergetar atau bergoyang, maka kamu tidak perlu panik. Silahkan cek dengan menggunakan tehnik ini untuk memastikan apakah memang ada gempa bumi atau hanya kamu yang kehilangan keseimbangan.

Baca juga: Tips Berguna, Agar Baterai Smartphone Kamu tak Cepat Habis