Google Siap Rilis Android P Pertengahan Bulan Ini, Berikut Bocoran Fitur Canggihnya

0
311
Android-P
[email protected]

Unggulkan Fitur Keamanan, Android P Segera Unjuk Gigi Pertengahan Maret

Eratekno.com – Setelah resmi merilis Android versi 8.0 dengn diberi nama Oreo, sepertinya Google tak akan berhenti. Kini sudah saatnya bagi salah satu perusahaan terbesar di dunia itu untuk memperiapkan versi selajutnya yakni Android 9.0.

Melihat kebiasaan Google yang sesuai dengan urutan abjad, nama versi terbaru sistem operasi (OS) yang akan dibesutnya yakni dengan diawali huruf P. Berdasarkan bocoran terbaru, Google meargetkan Android P dapat dinikmati oleh pera penegmbang (versi Priview) pada pertenagahan Maret mendatang.

Baca juga :  Ssst.. Android P Bakal Hadirkan Antarmuka Mirip iOS ?

Informasi ini diungkapkan oleh pembocor informasi ulung Evan Blass. ‘Androud P Developer Preview 1 ditargetkan rilis pertengahan bula ini’ tulis Evan Blass melalui akun Twitter-nya @evleaks.

Sampai saat ini belum ada informasi mengenai apa nama yang akan digunakan oleh Google. Akan tetapi perusahaan teknologi asal Mountain View, Amarika Serikat (AS) tersebut mempunyai kebiasaan menamai OS Android buatannya dengan nama kue ataupun camilan. Dipakainya huruf ‘P’ sendiri menurut sejumlah pihak diartikan sebagai Pie.

Android-P
[email protected]

Dikaabarakan pula jika Android P ini akan memiliki kemmapuan menegnai keamanan. Sistem yanag akand iusungnya akan mencegah aplikasi yang mencurigakan untuk mengakses kamera dan mikrofon ponsel. Hal tersbeut dilauka ketika ada sebuah malware yaag dapat merekam suaar latar atau mengambil foto tanpa sepengetahuan pemiliknya.

Pada sistem operasi ini juga akan mendukung notch (tonjolan) di layar. Cukup diketahui jika notch sendiri saat ini sudah mulai bermunculan di kebanyakan smartphone Android beserta fitur multipe screen. Akan tetapi sepetinya fitur Dark Mode akan dihentikan karena belum ditemukan dalam versi Android yang satu ini.

Baca juga :  Wajib Baca! Ini Dia Cara Mengatasi Android Panas Saat Bermain Game

Sementara itu salah satu perubahan drastis yang bakal hadir di sistem operasi teranyar Android P ialah tampilan antarmuka (UI, User Interface). Kabarnya, Google bakal merombak antarmuka Android P mirip dengan antarmuka iOS pada iPhone. Selain itu OS terbaru ini digadang-gadang bakal menjadi sistem operasi yang hadir dengan perubahan paling besar, terlebih untuk urusan antarmuka.

Laporan juga menyebut antarmuka Android P dirancang sedemikian rupa seperti iOS untuk ‘menggoda’ pengguna iPhone berpaling ke perangkat Android. Namun sayangnya, masih sedikit yang bisa dikupas soal Android P. Selain perombakan tampilan antarmuka, satu hal yang pasti bakal dilakukan Google adalah melibatkan tugas Google Assistant lebih banyak pada sistem operasi ini.

Baca juga : Android P Bakal Hadir Dengan Pencegah Kamera Dibajak Aplikasi?