Mudah Kok ! Tips Merawat Power Bank Agar Awet dan Tidak Cepat Drop !

0
1341
[email protected]

Cara Mudah Merawat Power Bank Agar Awet dan Tidak Cepat Drop !

Eratekno.com – Mungkin dari anda pernah memiliki power bank, namun baru dipakai beberapa bulan sudah mengalami penurunan kualitas saat menyimpan daya alias drop, hal tersebut ditandai dengan cepat habis daya yang disimpan pada power bank atau sering disebut drop.

Baca Juga : Ini Dia! Tips Menambah Memori Android Dengan Mudah

Yang paling penting adalah cara merawat power bank agar awet, sehingga umur dari power bank tersebut menjadi lebih awet dan tidak cepat drop.

Berikut cara merawat Power Bank

Jangan Terlalu Sering Diisi Ulang

Jadikan powerbank hanya untuk cadangan mengisi ulang baterai dalam keadaan darurat, sebelumnya powerbank harus diisi ulang. Powerbank memiliki jenis baterai yang berbeda, yaki Li-Ion (Lithium0Ion) atau Li-Po (Lithium-Polimer).

[email protected]

Powerbank dengan baterai li-ion memiliki siklus hidup 500 kali isi ulang. Sedangkan untuk power bank dengan baterai Li-Po yang memiliki siklus hidup hingga 1000 kali isi ulang. Apabila siklus mencapai maksimal, power akan terasa cepat habis dan isi ulang menjadi lama.

Isi Ulang Saat Mulai Low

Hindari kebiasaan ketika membuatkan powerbank sampai kehabisan daya sama sekali. Hal tersebut dapat membuat baterai power bank cepat aus selain membuat proses isi ulang lebih lama.

Baca Juga : Jangan Panik, Inilah Tips Mengatasi SMS Tidak Bisa Dibuka di Android!

Jangan Biarkan Power Bank Over Charging

Semua perangkat mau itu smartphone, power bank atau laptop yang dibiarkan over charging tentu hal tersebut akan membuat baterai cepat rusak, walaupun ada fitur charging protection.

Selalu perhatikan LED indikator yang ditampilkan pada power bank. Hindari bagi kamu yang suka charge lalu ditinggal tidur, sebaiknya beli adapter listri yang dilengkapi dengan timer untuk menghindari over charging.

Hindari Menggunakan Smartphone Sedang Diisi dengan Power Bank

Apabila smartphone yang sedang diisi dengan power bank sambil digunakan untuk aktivitas, karena hal tersebut membuat arus listri yang dikeluarkan menjadi kurang stabil, sehingga dapat membuat baterai power bank jadi cepat bocor.

Hindari Tempat Panas

Ketika sedang diisi ulang, hindari tempat panas untuk menyimpannya. Sebab permukaan power bank yang dapat mengeluarkan panas ketika digunakan, sehingga sirkulasi udara yang membuat power bank menjadi panas berlebihan.

Baca Juga : Waspada! Ini Dia 5 Masalah Kulit yang Disebabkan Oleh Smartphone dan Tips Pencegahannya