Penyebab Smartphone Lemot dan Cara Mengatasinya

0
364
Smartphone Lemot
Smartphone Lemot [email protected]

Penyebab Smartphone Lemot

Eratekno.com – Seiring menjamurnya smartphone, performanya pun seakan dirasa menurun. Hal ini mungkin disebabkan lantaran berbagai hal yang menjadi penyebab. Untuk mengatasi hal tersebut, perlu dilakukan berbagai hal agar performanya kembali stabil dan nyaman digunkan.

Baca Juga: Menarik, Tak Hanya Mobil Smartphone Juga Miliki Fitur Airbag Lho ! Seperti Apa

Ada baiknya mengetahui penyebab smartphone melambat dan bagaimana cara mencegahnya. Ada lima perkara umum yang mungkin menjadi biang keladinya. Nah, berikut ini beberapa penyebab smartphone anda lemot dan cara mengatasinya.

  • Aplikasi Background

Pengguna smartphone yang sering mengunduh aplikasi yang hanya dipakai sekali-kali, untuk tidak menyebut satu kali. Aplikasi tersebut kemudian dibiarkan menumpuk, ada juga yang senntiasa berjalan di latar belakang.

Padahal smartphone memiliki sumber daya yang terbatas. Anda harus cerdas dan berhitung untuk menetapkan prioritas yang perlu disimpan.

Ketika Android P meluncur nanti, masalah ini akan lebih mudah teratasi dengan fitur “Background Execution Limits”. Namun, semabari menunggu sistem operasi tersebut, Anda bisa mencoba lebih rajin bersih-bersih aplikasi tak berguna. 

Baca Juga: Daftar 3 Smartphone Canggih, Meluncur di Indonesia Bulan Ini ! Simak ya guys

  • Memori Penuh

Kecepatan memori internal nantinya akan berkurang seiring dengan banyaknya file yang harus disimpan, bisa jadi dari backlog aplikasi, foto dan video yang tidak hapus bertahun-tahun atau cache yang tidak terlihat.

Untuk memulihkan kecepatan perangkat, Anda bisa melakukan factory reset, tentu setelah menyimpan data-data penting di tempat lain terlebih dahulu. Jika hal ini menurut Anda ruwet, dari awal sebaiknya menyimpan foto, musik, video, dan sebagainya, di memori eksternal (microSD, atau media lain).

  • Baterei Menurun

Selain karena memori, baterei bisa jadi salah satu factor yang memperlambat kinerja smartphone. Setelah tiga atau dua tahun anda akan mulai merasakan baterei cepat habis alias bocor.

  • Update Sistem Operasi

Sistem Operasi perlu diperbaharui secara berkala. Ada kalanya update ini nantinya akan menghasilkan peningkatan kinerja misalnya dengan menambal berbagai bug yang ada dalam software yang membocorkan sumberdaya.

Nah, demikian tadi beberapa hal yang sering membuat smartphone lemot, jadi harap diperhatikan ya.

Baca Juga: Siap-siap, Honor 10 Segera Melenggang ke Indonesia Lho ! Berapa Harganya