Samsung Sudah Pamerkan RAM Untuk Smartphone 5G!

0
825
Copyright @Samsung

RAM Terbaru Samsung Hemat Daya 30 Persen

Eratekno.com – Semakin berkembangnya teknologi pada sebuah smartphone, maka hal ini pun akan berdampak dengan semakin besarnya kebutuhan pengolah datanya, apalagi saat ini juga sedang menuju ke era jaringan 5G dan juga kecerdasan buatan.

Nah terkait hal tersebut, kini produsen Samsung mencoba untuk memenuhinya dengan meluncurkan produk RAM LPDDR5 (Low Power Double Data Rate) yang baru saja mereka perkenalkan pada pekan ini.

Baca juga: Pesona Samsung Galaxy S10 yang Terlihat Sebelum Dirilis

RAM tersebut mereka buat melalui proses fabrikasi 10 nm, dan diklaim RAM milik Samsung ini memiliki data rate mencapai 6,4 gigabit perdetik, atau mengalami peningkatan dua kali lipat dibandingkan versi sebelumnya.

Copyright @Samsung

Meskipun memiliki bandwitch yang lebih besar, namun untuk konsumsi daya dari RAM ini disebut malah lebih hemat hingga 30 persen jika dibandingkan RAM sebelumnya yakni LPDDR4X, sehingga akan lebih ngirit konsumsi daya.

Baca juga: Mengintip Tampilan Samsung Galaxy Tab S4, Kok Begini?

“untuk memaksimalkan penghematan data, LPDDR% 10 nm dirancang agar mengurangi voltase sesuai dengan kecepatan applicaton processor”. Ujar pihak Samsung seperti dikutip dari laman Kompastekno.

Dengan memiliki bandwith besar serta efisiensi daya, maka RAM LPDDR5 ini digadang-gadang bakal sangat cocok untuk digunakan menjalakan aplikasi AI dan juga Machine Learning pada perangkat mobile, disamping penggunaan koneksi 5G.

Meskipun sudah diperkenalkan, namun pihak Samsung mengakui jika mereka masih belum memulai produksi RAM tersebut. Raksasa asal Korea Selaan ini baru saja menyelesaikan uju fungsi serta validasi prototype paket dari RAM LPDDR5 8 GB, dimana didalamnya terdiri dari delapan buah chip.

Sementara untuk melakukan produksinya, nanti mereka merencanakan bakal dilakukan di fasilitas pabrik Samsung yang berada di Pyenongtaek, Korea Selatan bersamaan dengan jenis RAM baru lain, seperti DDR5 dan juga GDDR6.

Baca juga: Samsung Galaxy S10 Bakal Hadir Dengan 3 Varian?