Tak Mau Bersantai, Qualcomm Bakal Kembangkan Snapdragon 855 dengan Frekuensi 7nm

0
457
[email protected]

Setelah Snapdragon 845, Kini Qualcomm Bakal Munculkan Snapdragon 855 dengan Fabrikasi 7nm

Eratekno.com – Tahun ini sepertinya banyak smartphone yang akan menggunakan chipset flagship Snapdragon 845. Chipset besutan Qualcomm ini menjadi salah satu chipset terbaru yang menggunakan teknologi prosesor 10nm dengan dukungan kecerdasan buatan (AI).

Sejumlah smartphone yang bakal menggunakan chipset ini antara lain Samsung Galaxy S9, Galaxy S9+, Xiaomi Mi MIX 2S, Xiaomi Mi 7 dan HTC U12. Meski Snapdragon 845 baru diluncurkan dan masih seumur jagung, tidak membuat perusahaan Qualcomm bisa bersantai-santai.

Baca juga : Samsung Galaxy S9 dan S9+ Berotak Exynos 9810 vs Snapdragon 845, Siapa Lebih Gahar?

Dikatakan demikian karena produsen chipset ini dikabarkan tengah menggarap chipset terbarunya lagi yakni Snapdragon 855. Hal ini terungkap dari leakster terkenal yakni Roland Quandt melalui akun Twitter @rquandt. Dikatakan jika chipser ini akan jadi chipset mobile pertama dengan fabrikasi 7nm.

Diketahui jika beberapa waktu lalu, Samsung dipercaya oleh Qualcomm untuk menangani Snapdragon 845 denga proses fibrikasi 10nm. Sedangakan untuk produksi Snapdragon 855, perusahaan pembuat chipset ini akan mempercayakannya pada TSMC.

Qualcomm
copyright©droidlime

Sebelum munculnya kabar Snapdragon 855 ini, Qualcomm juga telah mempereknalkan dua modem terbarunya untuk tahun 2019 yakni Snapdragon X24 dan X50. Disebutkan jika Snapdragon X24 sendiri merupakan modem LTE category 20 pertama di dunia. Selain itu chipset ini sekaligus menjadi chip pertama yang dibuat oleh Qualcomm dengan proses fibrakasi 7nm FinFET. Perangkat ini diklaim mampu menghasilkan kecepatan transfer data downlink cukup besar.

Daya downlink yang dihasilkannya mencapai 2 Gigabit per detik (Gbps) melalui 7x carrier agregation dan 4×4 MIMO. Chip ini juga bisa memanfaatkan teknologi License Assisted Access yang memungkinkan transmisi data melalui LTE lewat frekuensi WiFi.

Baca juga : Qualcomm Perkenalkan Modem Anyar Untuk Gadget Masa Depan, Apa Saja Keunggulannya?

Chip modem terbaru Qualcomm ini kemungkinan baru akan digunakan untuk smartphone mulai tahun 2019 mendatang. Chipset ini akan hadir dalam bentuk standlone atau terintegrasi dengan system-on-chip (SoC) kelas atas generasi berikutnya. Menurut kabar yang ada rencananya Qualcomm akan merekomendasikan chipset modem ini pada jang bergengsi Mobile World Congress (MWC) 2018 di Barcelona, Spanyol akhir Februari mendatang

Sementara itu, kemungkinan saja modem ini akan disematkan dalam chipset Snapdragon 855 yang belum diketahui peluncurannya. Dengan modem yang semakin cepat, maka performa dan fitur yang dihadrikan chipset terbaru Qualcomm ini juga akan semakin canggih lagi.

Baca juga : Snapdragon X24, Chip Modem LTE Berkecepatan 2 Gbps yang Bakal Segera Dikenalkan Qualcomm