Waduh, Aplikasi Mobile Banking Bisa Dikloning, Begini Tips Mencegahnya!

0
407
copyright©PYMNTS

Berikut Ini Tips Agar Tak Tertipu dengan Aplikasi Mobile Banking Palsu!

Eratekno.com – Para konsumen yang menggunakan aplikasi mobile banking memang memiliki resiko yang lebih besar untuk di tipu oleh penjahat siber.

Berdasarkan penelitian global terbary dari penyedia produk keamanan digital, Avast terhadap hampir 40.00 konsumen di Spanyol dan sebelesa Negara di dunia untuk membandingak keasliaan aplikasi antarmuka perbankan resmi dan palsu.

Dalam keterangan tertulis pada Kamis (1/3/2018), hasil penelitian menunjukkan secara global  58% responden mengidentifikasi aplikasi antarmuka mobile banking resmi sebagai penipuan atau antarmuka palsu, sedangkan 36% telah salah dan menganggap aplikasi antarmuka palsu sebagai yang asli.

Baca juga: Buruan Coba! Ini Dia Cara Mudah Membuat Video Musik Duet di Tik Tok

Di Spanyol, hasilnya serupa; masing-masing 67 persen dan 27 persen, dan 40 persen serta 42 persen di AS. Temuan ini menunjukkan keahlian penjahat siber dlam menyalin antarmuka yang bisa mengelabui dan mematai-matai pengguna,mengumpulkan rincian bank login mereka dan mencuri uang pengguna.

Beberapa bulan terakhir, Avast juga telah mendeteksi sejumlah Trojan mobile banking dengan ancaman privasi dan keamanan yang sedang meningkat. Meski telah memiliki tindakan pengamanan yang ketat, basi pelanggan besar yang di miliki oleh masing-masing bank membuat target menarik bagi penjahat siber untuk mengembangkan aplikasi palsu yang dapat meniru atau mirip dengan aplikasi resmi bank tersebut.

Selain itu Avast juga mengingatkan pengguna untuk hati-hati dalam mengakses aplikasi mobile di pusat aplikasi. Tahun lalu, Trojan BankBot di temukan di Google Play. Trojan ini tersembunyi di dalam aplikasi flashlight dan Solitaire.

“Kami melihat peningkatan yang stabil dalam jumlah aplikasi berbahaya untuk perangkat Android yang mampu melewati pemeriksaan keamanan di toko aplikasi populer dan masuk ke ponsel konsumen. Seringkali, mereka muncul sebagai aplikasi game dan gaya hidup dan menggunakan taktik rekayasa sosial untuk mengelabui pengguna agar mengunduhnya,” jelas Wakil Presiden Senior dan General Manager Mobile Avast, Gagan Singh.

copyright©Instagram

Baca juga: Mudah Banget,, Berikut Ini Cara Berbagai Kuota Telkomsel Kamu ke Teman Atau Keluarga

Nah untuk itu berikut ini tips untuk menghadapi ancaman Trojan mobile banking

  • Pertama pastikan dan konfirmasi aplikasi perbankan yang pengguna pakai adalah versi terverifikasi
  • Jika antarmuka terlihat asing atau tidak pada tempatnya, periksa kembali dengan tim layanan pelanggan perbankan
  • Gunakan autentifikasi dua factor jika tersedia
  • Pastikan pengguna punya antivirus kuat untuk Android guna melindungi dari perampokan uang.

itulah tadi tips untuk menghadapi ancama Trojan mobile banking.

Semoga bermanfaat guys!

     Baca juga Wajib Baca! Berikut Ini Cara Remove Keylogger Tersembunyi di Android