Waduh, Samsung Kena Imbas Setelah Produksi iPhone X Dipangkas, Seperti Apa?

0
946
Samsung
copyright©uzone

Produksi iPhone X Dipangkas, Samsung Harus Rasakan Getahnya dengan Kurangi Pasokan Layar OLED ke Apple

Eratekno.comSamsung diperkirakan akan merugi karena harus memangkas produksi panel OLED. Perusahaan ternama asal Korea Selatan ini bisa dikatakan terkena getah setelah keputusan Apple untuk mengurangi volume produksi prangkatnya yakni iPhone X.

Diketahui sebelumnya Samsung menyuplai panel layar OLED ke Apple untuk 45 hingga 50 juta unit iPhone. Setelah keputusan untuk mengurangi produksi iPhone X, kini tepatnya kuartal pertama mereka hanya membuat panel OLED untuk 20 juta unit iPhone saja.

Baca juga : Kebangetan Miripnya Sama ‘iPhone X’, Smartphone Android OWWO X Dijual Dengan Harga Segini?

Sedangkan di Samsung adalah produsen smartphone lain yang diharapkan akan mengandalkan layarnya ternyata sama tak mulusnya dengan Apple. Ini dikarenakan mahalnya biaya yang harus mereka bayar untuk teknologi tersebut, sehingga layar LCD masih jadi favorit.

Dengan biaya yang lebih mahal tersebut, secara otomatis mengharuskan produsen smartphone untuk menjual barangnya dengan harga yang lebih mahal. Itu sebabnya kenapa iPhone X dijual dengan harga paling murah kisaran 999 dolar AS atau di Indonesia Rp 18 jutaan.

Samsung
copyright©uzone

Kondisi itu pun diperparah dengan hadirnya produsen layar OLED di China yang menawarkan harga yang lebih murah dan memproduksinya lebih banyak yang membuat kompetisi penjualan semakin memanas. Apalagi kini sudah banyak smartphone asal China yang berani menghadirkan perangkat dengan spesifikasi tinggi dan tentunya dengan harga terjangkau.

Sedangakan Samsung sendiri diketahui telah berharap banyak terhadap produksi smartphone mahal Apple untuk memproduksi teknologi layar OLED buatannya, yang dilaporkan seharga antara 120 sampai 130 dolar AS atau sekitar Rp 1,6 juta hingga Rp 1,7 juta untuk satu layar.

Baca juga : Android Nougat Masih Jadi Sistem Operasi Terpopuler Saat Ini

Namun Apple sendiri memangkas prosuksi iPhone X hampir setengah dari target produksi yang dicanangkan pada awal peuncuran. Hal ini dilakukan setelah melihat rendahnya permintaan dari pasar untuk ponsel terbarunya itu. Sebelumbya Samsung sendiri juga disebut-sebut punya kapaisatas produksi tambahan untuk panel OLED dan merekapun tengah mencari perusahaan lain yang membutuhkan pasokan layar tersebut.

Meskipun kabar ini sudah beredar laus, belum jelas bagaimana usaha vendor smartphone asal Negeri Gingseng untuk mengatasi permasalahan ini. Belum diketahui apa seperti apa usaha Samsung dalam menjual panel OLED tersebut ke perusahaan lain dan mereka pun hingga kini juga belum mengeluarakan pernyataan resminya.

Baca juga : Wow.. Teknologi Pembaca Pikiran Manusia Akan Segera Menjadi Kenyataan, Seperti Apa?