Wajib Coba, Begini Cara Perbaiki Software Smartphone Mati Total

0
875
smartphone
[email protected]

Bingung Smartphone Mati Total Kerena Masalah Software, Berikut Cara Perbaikannya!

Eratekno.com – Sering kali tanpa sebab smartphone mati total begitu saja dan banyak orang mengansumsikan itu karena IC Power yang bermasalah. Tapi itu bisa saja benar karena rusakanya IC Power dapat menyebabkan sebuah smartphone menjadi mati total. Namun juga tak sertamerta kerusakan mati total penyebanya IC Power.

Di kalangan teknisi android, dikenal adanya kerusakan IC yang beranama eMMC yakni sebuah IC yang berperan penting dalam kinerja sebuah smartphone. Ibarat hardisk, eMMC ini berfungsi untuk menyimpan data pengguna ataupun penyimpan operating system yang nantinya bakal dijalankan smartphone sewaktu akan bekerja.

Baca juga : Wajib Coba! Berikut 5 Cara Melindungi Saldo Go-Pay pada Akun Go-Jek Dari Penipuan

Menjadi sebuah wabah di dunia, kerusakan IC ini kerap kali membuat pengguna smartphone geleng-geleng kepala. Namun sekali lagi kerusakan ini tidak bisa disamaratakan untuk semua ponsel yang mati total. Masih ada banyak kerusaan lain yang dapat mengakibatan perangkat mati total.

smartphone
[email protected]

Salah satu penyebab lainnnya yakni bisa jadi smartphone mengalami kerusakan software sehingga mati total. Namun kerusakan perangakat lunak ini bisa jadi merupakan kerusakan yang tak membutuhkan pergantian seperpart secara hardware, melainkan hanya memperlukan proses perbaikan perangkat lunak. Lalu apa kesuliatnnya?

Kali ini akan dibahas bagaimana cara memperbaiki smartphone yang mati total secara software. Salah satu perangkat yang dipakai untuk uji perbaikan karena mati total ialah perangakat Xiaomi yakni Mi A1. Tentu perbaikan software sendiri memerlukan perangkat tambahan dintaran komputer atau laptop, data file dirmware smartphone yang ingin diperbaiki, satu software perantara dan Pinset serta Obeng.

Baca juga : Smartphone Anda Lolos Black Market (BM) Belum? Ini Dia Cara Mengeceknya

Berikut langkah-langkah perbaikan :

1. Bongkar smartphone Xiaomi dan dimulai dari melepas tempat SIMcard-nya dengan menggunakan jarum. Selanjutnya kita buka baut yang ada di bagian bawah smartphone.

2. Buka casing penutupnya hingga kita bisa melihat baterai dan motherboardnya. Lalu lepas konektor-konektor seperti pada foto di bawah ini.

3. Terdapat sebuah langkah kecil yang harus dilakukan yakni kita masukkan Xiaomi ini ke mode EDL. Sehingga terdeteksi sebagai Qualcomm HS-USB loader 9008.

4. Lalu coba hubungkan dengan USB kembali. Jika terhubung dengan benar, akan terbaca di device manager.

5. Jika sudah masuk ke mode ini, tinggal kita lakukan pengisian kembali firmwarenya. Sederhana, tinggal pakai Mi Flash 2016 dan jalankan saja software ini jika Anda sudah memilikinya.

6. Software itersebut meruapakan software yang dibuat agar pengguna mudah memakainya. Cukup klik dan drag saja pada menu select, dan arahkan ke folder firmware yang kita ingin masukkan

7. Sebelum lakukan flash, perlu klik terlebih dulu refresh. Ini dilakukan untuk mendeteksi port yang tersedia.

Sementara itu jka flash sudah selesai dilakukan akan diberikan tampilan gambar seperti tabel. Smartphone akan kembali normal jika benar masalah hanya pada kerusakan software saja. Smartphone akan kembai sediakala karena kita sudah menulis ulang software-nya.

Baca juga : Wajib Coba! Ini Nih 5 Cara Tingkatkan Sinyal WiFi Lemot di Smartphone