Wajib Tau! Ini Dia Cara Hemat Baterai yang Justru Buat Smartphone Android Boros

0
1515
cara hemat baterai
[email protected]

Cara Hemat Baterai yang Ini Malah Bikin Smartphone Android Boros, Seperti Apa?

Eratekno.com – Kita ketahui jika pengguna samrtphone melakukan sejumlah cara untuk menghemat beterai. Cara hemat baterai yang dilakaukan pengguna Android yakni dengan membersihkan recent apps alias deretan aplikasi yang sedang dibuka atau aktif di background.

Dengan menghapus aplikasi yang muncul di backgorund tersebut dipercaya dapat menghemat daya perangkat. Lanas, apakah benar dan efektif cara hemat baterai seperti itu?

Baca juga : Wajib Tau! Ini Dia 3 Cara Mainkan Gim PUBG Mobile dengan Lebih Menyenangkan

Cukup diketahui jika recent apps sendiri merupakan daftar panjang aplikasi yang dapat diakses melalu tombol menu di ponsel Android. Pengguna pun menyimpulkan jika aplikasi yang masuk ke dalam daftar tersebut sering kali dianggap bekerja. Padahal sebenarnya, aplikasi di recent apps berada dalam kondisi terhenti serta disimpan dalam memori (chace) ponsel.

Sedangkan tujuan recent apps ini supaya aplikasi yang pernah dibuka sebelumnya dapat dimuat lebih cepat ketika kembali. Oleh karena itu, menhapus recent apps di ponsel justru akan membuat baterai ponsel bekerja lebih keras dan cepat habis. Baterai akan bekerja lebih keras dan cepat habis, terlebih jika aplikasi yang dihapus tergolong berat.

cara hemat baterai
[email protected]

Dikatakan demikian, sebab cara hemat baterai dengan sistem ini akan membuka aplikasi dari nol dan membutuhkan lebih banyak daya dibandingkan menyalakan ulang atau mengakses memori yang disimpan. Jika ingin menghemat baterai ponsel, sebaiknya menggunakan metode menghapus recent apps seperti di atas.

Terdapat dua cara hemat baterai yang dapat dilakukan pemilik ponsel Android yakni mengurangi notifikasi dan membatasi pemakaian data. Dua cara tersebut dapat dikatakan cenderung lebih efektif untuk mengurangi konsumsi daya baterai. Untuk mengurangi notifikasi, non-aktifkan aplikasi-aplikasi yang sering mengimkan notifikasi.

Baca juga :  Mudah Banget, Cara Bersihkan Layar Smartphone Agar Tetap Kinclong !

Cukup diketahui jika aplikasi tertentu seperti media sosial, biasanya memberikan pilihan untuk mengatur notifikasi supaya notifikasi dikirimkan dalam interval waktu lebih lama. Cara ini dapat membantu menghemat baterai karena dapat mengurangi aktifitas sinkronisasi yang dilakukan di latar belakang sistem (background).

Kemudian untuk membatasi data sendiri, kalian dapat membuka panel berisikan tabel konsumsi data di perangkat Android. Dari panel itu, pengguna dapat melihat aplikasi yang paing banyak memakan data. Kalian dapat memilih aplikasi, lalu batasi atau hapus izin pemakaian data di background.

Cara tersebut akan melarang aplikasi untuk memakai koneksi interent secara otomatis dan baterai pun dapat menjadi lebih hemat. Dua cara hemat baterai tersebut akan semakin efektif jika pengguna smartphone membawa power bank. Dengan begitu ponsel dapat digunakan dalam waktu yang lebih lama dan kalian pun masih memiliki cadangan daya jika baterai mulai habis.

Baca juga : Cara Memblokir dan Membatalkan Pemblokiaran Teman di Facebook Melalui Perangkat Mobile Ataupun Desktop