Wuih Keren, Saat Ini Samsung Masih Jadi Raja Ponsel Dunia Lho

0
704
Samsung
copyright©jalantikus

Kalahkan Vendor Smartphone Ternama Lainnya, Samsung Tetap Rajai Ponsel Dunia

Eratekno.com – Seperti diketahui jika Samsung beberapa tahun terakhir berhasil menguasai pasar smartphone dunia. Hal tersebut nampaknya juga ditunjukkan oleh Lembaga riset Gartner yang kembali merilis laporan penjualan ponsel pada kuartal keempat dan periode 2017.

Dalam catatan lembaga tersebut perusahaan asal Korea Selatan menjadi penguasa pasar sepanjang tahun lalu. Gartner mencatat ada 308 juta smartphone yang berhasil terjual sepanjang kuartal terakhir 2017. Angka inipun mengalami penurunan 5,6 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Baca juga :  Wih Asyik, Samsung Bakal Pasang Layar Bingkai Tipis ke Smartphone Kelas Menengahnya Lho, Seperti Apa?

Menurut keterangan dari lebaga survei tersebut, Samsung masih berada di posisi teratas dan mengungguli smartphone lainnya di seluruh dunia. Vendor samrtphone asal Negeri Gingseng tersebut mengungguli vendor lainnya dari segi penjualan. Meskipun secara angka mengalami penurunan sebesar 3,6 persen, namun market mereka meningkat 0,4 persen.

Dalam tabel diperlihatkan jika posisi teratas ada Samsung dengan pejualan 74.026 unit (share 18 persen). Kemudian disusul Apple 73.4175 unit (share 17,9 pesren), Huawei 43.887 unit (share 10,8 persen), Xiaomi 28.187 unit ( share 6,9 persen), Oppo, 25.660 unit (share 6,3 persen) dan beberapa merek smartphone lainnya sebanyak 162.908 unit (share 39,9 persen).

Nampak posisi kedua ditempati Apple yang tercatat mengalami penurunan penjualan dari tahun sebelumnya yakni dari 77.038 unit menjadi 73.175 unit. Sedangakan diposisi awahnya lagi berturut-turut ada Huawei, Xiaomi dan juga Oppo.

Dari pantaun Gatner, hanya vendor smartphone asal China yakni Huawei dan Xiaomi yang mengalami peingkatan penjualan. Kemduian diantara keduanya Xiaomi mendapatkan peningkatan penjualan paling tinggi yakni naik 79 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Samsung
copyright©eljohnews

Sementara itu jika bicara sepanjang tahun 2017, tercatat ada lebih 1,5 miliar ponsel yang dipasarkan di seluruh penjuru dunia. Dari jumlah keseluruhan tersebut, Samsung berhasil menjual sekitar 321 unit dan angka tersebut naik dari tahun sebelumnya.Dengan catatan tersebut maka dapat dikatkan vendor asal Korea Selatan ini mepunyai market share 20,5 persen di tahun 2016 naik menjadi 20,9 persen pada tahun 2017.

Sedangakan untuk Xiaomi, meskipun vendor smartphone asal Tiongkok itu berhasil meningkatkan penjualan di kuartal ke empat, namun mereka tidak masuk dalam lima besar smartphone terlaris sepanjang tahun 2017. Bahkan Xiaomi harus rela berada di bawah kompetitor lainnya seperti Apple, Huawei, Oppo dan Vivo.

Bcaa juga : Kecil-Kecil Cabe Rawit, Samsung Galaxy J2 Pro Hadir dengan RAM 1,5 GB, Memori Eksternal 256 GB dan Baterai 2.600 mAh

Nampak diantara kelima vendor smartphone, hanya Apple yang mengalami penurunan penjualan pada kuartal terakhir 2017 kemarin. Jika tahun 2016 vendor asal Amerika Serikat (AS) itu bisa menjual sebanyak 216 juta unit, maka di tahun 2017 mereka hanya mampu menjual sebanyak 214 juta unit. Meskipun demikian, penurunan yang bisa dibilang hanya sedikit ini tak begitu berdampak pada pangsa pasar Apple.

Sementara itu mengenai sistem operasi (OS) sendiri, Android yang merupakan besutan Google masih berada di posisi etratas. Gartner mencatatkan sebanyak 1,3 miliar ponsel yang dipasarkan tahun 2017, termasuk Samsung menjalankan sistem operasi Android. Sedangkan sistem operasi besutan Apple yakni iOS berada di bawahnya dengan hanya digunakan sebanyak 214 juta unit saja dan itupun di perangakat iPhone.

Baca juga : Waduh, Samsung Kena Imbas Setelah Produksi iPhone X Dipangkas, Seperti Apa?