Beras Beneran Bisa Menyelamatkan Ponsel yang Basah?

1245
Beras Beneran Bisa Menyelamatkan Ponsel yang Basah?
Copyright@tekno.kompas.com

Eratekno.com – Saat musim hujan atau kebiasaan kita membawa ponsel di kamar mandi, memang bisa membuat ponsel terkena cipratan air atau bahkan terandam air! Jika ponsel terkena air bisa meningkatkan risiko kerusakan ponsel karena bagian komponen ponsel yang basah. Jika ponsel yang basah tersebut di diamkan begitu saja, mengakibatkan ponsel jadi cepat rusak, fungsinya berkurang dan bahkan mati total.

Memasukkan Ponsel Ke Dalam Beras

Memang sih bisa ke service ponsel, tapi tentu mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Kamu sudah meminta saran kesana kemari dan mereka memberikan saran untuk memasukkan ponsel ke dalam beras. Pastinya kamu merasa kebingungan apakah benar beras bisa menyelamatkan ponsel yang basah?

Banyak yang mengatakan cara ini memang sangat efekif. Tapi benar atau tidak ya? untuk membuktikannya yuk kita simak secara lebih lengkap ya. Sebenarnya selain beras, ada beberapa bahan yang juga bisa dipercaya menyelamatkan ponsel basaH seperti silica gel, biji-bijian dan juga oat meal. Bahan-bahan tersebut memang dipercaya dapat menyerap air pada ponsel. Meskipun bahan tersebut bisa menyerap air, tapi tidak bisa maksimal. Bahkan jika ponsel benar-benar basah, air yang terserap hanya sekitar 14 persen saja.

Agar air tidak merusak komponen ponsel, akan lebih baik lepaskan baterai, kartu memori dan kartu SIM terlebih dahulu jika ponsel terkena air. Lepaskan bagian-bagian lainnya pada ponsel, lap dengan kain basah atau tissu agar air bisa terangkat. Dan yang terakhir letakanlah ponsel di udara terbuka. Hindari mengeringkan ponsel dengan pengering rambut dan kipas angin karena hanya akan membuat air masuk ke dalam komponen.

BACA JUGA: BILA PONSEL TERLANJUT BASAH KEHUJANAN, INI YANG PERLU DIPERHATIKAN !