Cara Mudah Tingkatkan Keamanan Komputer Anda, Termasuk Malware !

0
1493
[email protected]

Begini Cara Mudah Tingkatkan Keamanan Komputer Anda, Termasuk Malware !

Eratekno.comKomputer dan laptop merupakan perangkat teknologi yang juga sering dipakai dalam keseharian selain smartphone. Tetapi, sebuah komputer yang sering terhubung ke internet dapat mengancam data privasi serta data penggunanya.

Internet memang dapat memudahkan untuk melakukan aktivitas, bahkan pekerjaan. Namun pengguna harus tetap selalu waspada dengan adanya ancaman dari siber yang dapat mengambil data-data pengguna. Oleh sebab itu pengguna komputer harus selalu waspada dan hati-hati agar data tetap aman.

Baca Juga : Jarang Diketahui! Begini Cara Mengubah Smartphone Android Jadi Mouse Komputer

Inilah cara untuk meningkatkan keamanan pada komputer, termasuk malware.

Gunakan selalu Incognito mode ketika berada diluar

Saat diluar, kadang menggunakan laptop untuk melakukan aktivitas seperti mengakses email sera media sosial yang terhubung langsung dengan internet.

[email protected]

Incognito mode merupakan fitur yang berguna untuk mengakses data peting ketika berselancar di internet. dengan fitur ini anda tak perlu khawatr data anda tetap akan aman tersimpan, bahkan ketika anda lupa logout sekalipun. Incognito mode adalah fitur keamanan privasi pada situs web yang menonaktifkan chahce browsing dan history.

Baca Juga : Hacker Rusia Lumpuhkan Komputer Pentagon!

Pakai Antivirus

Ketika membeli sebuah komputer atau laptop baru, banyak yang khawatir tentang keamanannya. Untuk itu pasang beberapa aplikasi keamanan, misalnya antivirus dan antispyware. Tetapi hal tersebut dapat membebani kinerja dari komputer tersebut.

Namun untuk sistem operasi terbaru, seperti Windows 10 yang juga menyediakan antivirus bawaan. Sehingga tak perlu memasang antivirus tambahan.

Selalu update OS dan Aplikasi

Ada beberapa orang yang terkadang meremehkan versi terbaru dari aplikasi atau OS pada komputer yang mereka gunakan. Dengan alasan update lama atau aplikasi update dapat menurunkan kinerja komputer.

Dengan menggunakan sistem operasi terbaru, hal ini merupakan salah satu cara untuk membuat komputer tetap aman. Terutama masalah keamana, setelah proses update justru akan meningkatkan performa dari sebuah komputer.

Ganti password secara berkala

Mengganti password secara berkala misal setiap tiga atau enam bulan sekali bahkan hingga satu tahun sekali yang disarankan. Sebaiknya gunakan password yang kuat dengan berbagai kombinasi seperti huruf dan anga serta simbol.

[email protected]

Atau gunakan password manajer untuk mengelola password terutama untuk akun online anda agar lebih aman.

Baca Juga : Mudah dan Cepat! Berikut Cara Download Lagu di Hp Android