Ternyata Ini Bahaya Matikan Laptop Dan Komputer Langsung Dari Power

209
Ternyata Ini Bahaya Matikan Laptop Dan Komputer Langsung Dari Power
Copyright@unsplash.com

Eratekno.com – Salah satu tombol yang paling berguna dalam perangkat elektronik adalah tombol power ya. Sayangnya dalam menekan tombol tersebut, sering kali pengguna lalai dalam menekannya.

Meskipun kedengarannya sepele, tapi dengan langsung mematikan perangkat elektronik langsung dari powernya bisa berakibat buruk, apalagi untuk laptop atau komputer.

Dianggap Lebih Praktis

Memang sih dengan langsung menekan tombol power, membuat langkah-langkah mematikan laptop atau komputer menjadi lebih praktis. Tapi jika ini dilakukan bisa-bisa sistem operasi dan hard disk akan bermasalah karena aliran listrik yang langsung terputus.

Terjadinya Kerusakan

Seperti yang kita ketahui, hard disk ini memang berputar sangat cepat dalam satu menit saja bisa 5400 kali putaran untuk perangkat laptop dan juga komputer. Dan jika kamu langsung menekan tombol power tanpa shut down terlebih dahulu, jelas aliran listrik akan berhenti secara mendadak. Bahkan jika terus dilakukan akan membuat retak dan bisa pecah!

Sedangkan untuk laptop dan juga komputer, biasanya kerusakan akan lebih sering terjadi pada file OS Windows. Jika ini terjadi, pastinya kamu perlu melakukan restore saat menghidupkannya dan restore pun membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Tapi untuk laptop keluaran sekarang ini memang dibekali teknologi yang dapat mengantisipasi kejadian tersebut. Jadi jika tidak sengaja kamu menekan tombol power, sinyal akan dikirimkan agar kamu bisa melakukan shut down terlebih dahulu.

Nah, sekarang kamu sudah mengetahui kan kalau mematikan laptop dan komputer dengan menekan langsung tombol power memang sangat berbahaya! Jadi usahakan jangan melakukannya lagi ya.

BACA JUGA: ANTI RIBET, BEGINI CARA VIDEO CALL WHATSAPP DI LAPTOP DENGAN MUDAH!