Berkat Qualqomm, Harga Ponsel 5G Akan Jadi Jauh Lebih Murah

580
Berkat Qualqomm, Harga Ponsel 5G Akan Jadi Jauh Lebih Murah
Copyright@inet.detik.com

Eratekno – Kehadiran smartphone 5G hingga saat ini memang sudah cukup mudah untuk ditemui, namun harga yang dipatok demi memiliki smartphone 5G masih tergolong cukup tinggi.

Namun sepertinya hal tersebut hanya akan menjadi kenangan dalam kurun waktu dekat, hal ini dikarenakan Qualqomm pada event IFA Berlin 2020 mengumumkan jika mereka pada tahun 2021 nanti berencana untuk meluncurkan chipset snapdragon 4 yang didalamnya sudah mendukung teknologi konektivias 5G.

Kabar tersebut tentunya mendapat sambutan positif dari banyak orang dikarenakan chipset snapdragon 4 sendiri merupakan chipset yang memang didesain khusus untuk perangkat 5G murah.

Melalui akun twitter pribadinya, President Qualqomm, Cristiano R. Amon memperkirakan jika harga ponsel yang ditenagai chipset terseut akan dijual dengan kisaran harga USD 125 sampai USD 250 atau sekitar Rp.1,8 Juta – Rp.3,6 Juta dan akan mulai dipasarkan pada quartal pertama tahun 2021.

“Chip ini akan memenuhi janji untuk membuat 5G dapat diakses untuk semua pengguna smartphone,” kata Presiden Qualcomm, Cristiano Amon.

Pangsa pasar utama dari chipset snapdragon 4 merupakan smartphone dengan kelas menengah kebawah, dengan dihadirkannya support jaringan 5G diharapkan nantinya orang-orang akan berbondong mengganti smartphone 4G lama mereka dengan smartphone 5G keluaran terbaru.

Selain pada smartphone, Qualqomm saat ini juga sedang mengembangkan platform 5G untuk laptop.

Saat ini Qualqomm mengklaim jika telah ada 3 vendor smartphone yang tertarik untuk menggunakan chipset snapdragon 4 yaitu Motorola, Oppo dan Xiaomi sedangkan untuk laptop, Qualqomm saat ini sedang bekerja sama dengan Acer untuk mengembangkan snapdragon 8cx Gen 2 5G.

Baca Juga: Benar Gak Sih 5G Berbahaya Bagi Manusia Dan Lingkungan?